kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan mobil di China naik 12,7% di Juli, naik empat bulan berturut


Selasa, 11 Agustus 2020 / 12:44 WIB
Penjualan mobil di China naik 12,7% di Juli, naik empat bulan berturut
ILUSTRASI. Workers inspect newly arrived imported Toyota cars at the Shenzhen Dachan Bay Terminals in Guangdong province, China April 10, 2019. Picture taken April 10, 2019. REUTERS/Stringer ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT.


Sumber: Reuters | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -BEIJING.SHANGHAI. Penjualan mobil China pada bulan Juli naik 16,4% dari tahun sebelumnya atau  year on year. Ini adalah kenaikan keempat bulan berturut-turut setelah pasar kendaraan terbesar di dunia turun dari posisi terendah yang terjadi selama penguncian virus corona di negara itu.

Menurut data penjualan grosir dari Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM), pada bulan Juli 2020, penjualan otomotif naik menjadi 2,11 juta kendaraan, tapi penjualan diprediksi masih akan turun 12,7% untuk tahun ini menjadi 12,37 juta kendaraan.

CAAM memperkirakan penjualan mobil turun sekitar 10% tahun ini kecuali gelombang kedua infeksi virus kembali menyebar. Ini dapat memperdalam penurunan penjualan mobil menjadi sekitar 20%.

Kenaikan penjualan ini menjadi sinyal menjanjikan bagi banyak pembuat mobil global yang telah banyak berinvestasi dalam kendaraan listrik untuk pasar China. Apalagi, penjualan kendaraan dengan energi baru (NEV) menunjukkan kenaikan  19,3% menjadi 98.000 unit di Juli, mengakhiri penurunan 12 bulan berturut.

"Pertumbuhan penjualan menunjukkan pembuat NEV dan pelanggan terbiasa dengan kondisi normal baru setelah pemerintah memotong subsidi tahun lalu," kata Xu Haidong, seorang pejabat senior CAAM.

CAAM berharap penjualan kendaraan dengan energy terbarukan tahun ini bisa sebesar 1,1 juta kendaraan, turun sekitar 11% dari penjualan di tahun lalu.

NEV termasuk kendaraan listrik bertenaga baterai, plug-in bensin-listrik hybrid, dan kendaraan sel bahan bakar hidrogen.

Adapun penjualan truk dan kendaraan komersial lainnya, yang menempati sekitar seperempat pasar, melonjak 59,4%, didorong oleh investasi pemerintah dalam infrastruktur serta aturan emisi yang lebih ketat yang diberlakukan tahun ini. Penjualan kendaraan penumpang naik 8,5%.

Produsen mobil yang telah melaporkan pertumbuhan penjualan pada bulan Juli termasuk Great Wall Motor Co Ltd , Geely Automobile Holdings Ltd, dan Toyota Motor Corp.

Analis Haitong International, Shi Ji mengatakan bahwa level persediaan saat ini di industri  tinggi sehingga dapat mendorong dealer untuk menawarkan diskon yang lebih besar.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×