Reporter: Dyah Megasari, Bloomberg |
GENEVA. Nestle SA, perusahaan makanan terbesar di dunia, melaporkan pertumbuhan penjualan 2010 mengalahkan perkiraan analis. Penjualan tidak termasuk akuisisi, pelepasan dan pergeseran mata uang yang naik 6,2%.
Rata-rata estimasi penjualan oleh delapan analis adalah 5,4%. Lebih tinggi dari pencapaian 2009 yaitu 4,1%. Tapi, pendapatan tersebut ternyata mencapai tiga kali lipat menjadi 34,2 miliar Swiss franc atau setara US$ 35,7 miliar.
Kenaikan harga jual KitKat bar dan Lean Kuliner mendorong pertumbuhan pendapatan sebesar 1,6 poin dari keseluruhan persentase yang dicapai.
"Nestle masih memegang merek terkuat," ujar Alex Molloy, seorang analis di Credit Suisse.
Kebijakan lindung nilai membantu melindungi margin Nestle. "Hal itu bisa menutup kenaikan harga komoditas yang mencapai 12% dan inflasi yang mencapai 5%," ujar David Hayes, seorang analis di Nomura.