kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45937,48   9,13   0.98%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penjualan ritel AS tak berubah pada April


Jumat, 14 Mei 2021 / 19:52 WIB
Penjualan ritel AS tak berubah pada April
ILUSTRASI. Suasana ritel di AS. REUTERS/Mike Segar


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Penjualan ritel Amerika Serikat secara tak terduga terhenti pada April karena dorongan dari pemeriksaan stimulus memudar, tetapi akselerasi kemungkinan dalam beberapa bulan mendatang di tengah rekor penghematan dan pembukaan kembali ekonomi.

Mengutip Reuters, Jumat (14/5), Departemen Perdagangan mengatakan, pembacaan yang tidak berubah dalam penjualan ritel bulan lalu mengikuti lonjakan 10,7% pada Maret.

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan penjualan ritel akan naik 1,0%.

Banyak rumah tangga yang memenuhi syarat menerima tambahan cek US$ 1.400 pada bulan Maret, yang merupakan bagian dari paket penyelamatan pandemi Covid-19 senilai US$ 1,9 triliun yang disetujui di Gedung Putih awal bulan itu.

Penjualan ritel merupakan komponen barang dari belanja konsumen, dengan layanan seperti perawatan kesehatan, pendidikan, perjalanan dan akomodasi hotel mengisi porsi lainnya. Rumah tangga telah mengumpulkan setidaknya US$ 2,3 triliun dalam simpanan berlebih selama pandemi, yang seharusnya mendukung pengeluaran tahun ini.

Baca Juga: Wall Street: Dow Jones sentuh level tertinggi sepanjang masa, terangkat saham energi

Menyusul berita bulan ini bahwa perekrutan melambat di bulan April di tengah kekurangan pekerja, penjualan yang lemah dapat menyebabkan kecemasan tentang pemulihan ekonomi. Meskipun lebih dari sepertiga orang Amerika telah divaksinasi Covid-19 secara penuh, kekhawatiran tentang virus tetap ada dan sekolah belum sepenuhnya dibuka kembali untuk pembelajaran secara langsung, membuat banyak pekerja di rumah.

Tidak termasuk mobil, bensin, bahan bangunan dan layanan makanan, penjualan ritel turun 1,5% bulan lalu setelah direvisi naik 7,6% pada Maret. Apa yang disebut penjualan eceran inti ini paling sesuai dengan komponen pengeluaran konsumen dari produk domestik bruto. Mereka sebelumnya diperkirakan telah melonjak 6,9% di bulan Maret.

Belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi AS, meningkat pada tingkat tahunan 10,7% pada kuartal pertama, menambahkan 7,02 poin persentase ke laju pertumbuhan tahunan 6,4% ekonomi.

Sebagian besar lonjakan belanja konsumen pada kuartal terakhir terjadi di bulan Maret, yang menetapkan basis pertumbuhan konsumsi yang lebih tinggi menuju kuartal kedua.

Selanjutnya: Produsen Jepang Akan Publikasi Kinerja, Investor Cermati Dampak Terbatasnya Cip




TERBARU

[X]
×