kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pentagon kirim 1.000 pasukan tambahan untuk mengevakuasi warga AS di Kabul


Senin, 16 Agustus 2021 / 07:04 WIB
Pentagon kirim 1.000 pasukan tambahan untuk mengevakuasi warga AS di Kabul
ILUSTRASI. Personel keamanan AS berjaga saat upacara penyerahan pesawat A-29 Super Tucano dari AS kepada pasukan Afghanistan, di Kabul, Afganistan 17 Sep 2020.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Departemen Pertahanan AS (Pentagon) memberikan izin kepada 1.000 pasukan militer untuk membantu mengevakuasi warga AS dan warga Afghanistan yang bekerja untuk mereka dari Kabul.

Seorang pejabat, yang identitasnya minta dirahasiakan, kepada Reuters mengatakan bahwa para prajurit tambahan akan datang dari Divisi Lintas Udara ke-82.

Hingga hari Kamis (12/8), sekitar 4.200 orang masih ada di area kedutaan. Pemerintah Biden mulai menerbangkan ribuan tentara untuk membantu menarik banyak diplomat yang tersisa.

Dengan ini jumlah pasukan AS yang ada di Afghanistan menjadi sekitar 6.000 orang. Semuanya dikerahkan untuk melindungi warga AS di tengah situasi keamanan di bandara Kabul berubah dengan cepat.

Pada hari Minggu, para pejabat AS mengatakan mereka sedang mempertimbangkan apakah lebih banyak pasukan diperlukan. 3.000 lainnya bersiaga di Kuwait.

Penduduk setempat melaporkan adanya tembakan sporadis di daerah Bandara Internasional Hamis Karzai, titik utama evakuasi keluar dari Afghanistan, ketika pasukan AS mulai bergerak mengevakuasi warga.

Baca Juga: Presiden Afghanistan tinggalkan negara untuk menghindari pertumpahan darah

Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah mengatakan pada hari Minggu (15/8) bahwa staf kedutaan AS diangkut dengan helikopter dari kompleks diplomatik ke bandara, sekitar 5 km jauhnya di sisi timur laut kota.

"Kami bekerja untuk memastikan personel kami aman dan terlindungi. Kami memindahkan mereka ke lokasi di bandara," ungkap Blinken kepada ABC News.

Sebagian besar staf kedutaan AS diperkirakan akan dievakuasi dari Kabul dalam satu atau dua hari mendatang.

AS jadi salah satu dari banyak negara yang mulai mengamankan warganya, dan mengosongkan kedutaan, setelah Presiden Ashraf Ghani mengkonfirmasi dia telah meninggalkan Afghanistan dan menyerahkan kekuasaan ke Taliban pada hari Minggu.

Dilansir dari Reuters, NATO mengatakan semua penerbangan komersial telah ditangguhkan dan hanya pesawat militer yang diizinkan beroperasi. NATO menegaskan bahwa keputusan ini diambil demi menjaga bandara tetap berjalan.

Selanjutnya: Taliban rebut kota dekat Kabul, Presiden Afganistan lakukan pembicaraan darurat




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×