kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pentagon siapkan proyek rudal nuklir terbaru, habiskan dana sekitar US$ 96 miliar


Selasa, 20 Oktober 2020 / 10:24 WIB
Pentagon siapkan proyek rudal nuklir terbaru, habiskan dana sekitar US$ 96 miliar
ILUSTRASI. Pesawat bomber siluman B-2 Spirit jadi salah satu armada nuklir AS yang akan mengalami pembaruan dalam proyek nuklir jangka panjang Pentagon.


Sumber: AP | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON D.C. Departemen Pertahanan AS atau Pentagon saat ini telah menaikkan anggaran pengadaan rudal nuklir baru hingga US$ 95,8 miliar. Rudal nuklir baru ini rencananya akan menggantikan model Minuteman 3 yang telah beroperasi selama 50 tahun.

Associated Press mengabarkan, estimasi biaya yang disampaikan Pentagon pada hari Senin (19/10) naik sekitar US$ 10 miliar dari empat tahun lalu.

Rudal balistik antarbenua (ICBM) terbaru ini dipersiapkan untuk menggantikan seluruh senjata sejenis yang sudah ada dan akan beroperasi hingga beberapa dekade mendatang. Anggaran dana untuk pengadaannya mencapai lebih dari US$ 1,2 triliun.

Beberapa pengamat, termasuk mantan Menteri Pertahanan AS William J. Perry, berpendapat bahwa keamanan nasional AS dapat dijamin tanpa ICBM. Tetapi Pentagon mengatakan bahwa ICBM penting untuk mencegah perang.

Baca Juga: Siap invansi Taiwan, China kerahkan rudal hipersonik tercanggih ke pesisir tenggara

Pemerintahan Donald Trump juga menegaskan komitmennya untuk menghadirkan generasi baru ICBM dalam kebijakan nuklir baru yang dirilis pada tahun 2018 lalu.

"Kekuatan ICBM sangat mampu bertahan melawan serangan nuklir skala besar. Untuk menghancurkan ICBM AS yang ada di darat, musuh perlu meluncurkan serangan secara tepat dengan ratusan hulu ledak bertenaga tinggi. Ini adalah tantangan yang tidak dapat diatasi bagi musuh potensial saat ini, kecuali Rusia," ungkap Pentagon seperti dikutip Associated Press.

Rencana pengadaan armada nuklir AS

Selain proyek besar pengadaan ICBM baru, AS juga sedang dalam tahap pembangunan untuk sejumlah armada tempur bertenaga nuklir.

Beberapa di antaranya adalah armada baru kapal selam rudal balistik untuk menggantikan kapal selam strategis kelas Ohio untuk memperkuat angkatan laut.

Baca Juga: Angkatan Udara AS konfirmasi rudal hipersonik baru, bisa melesat 6.000 mil per jam




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×