kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penulis blog lesbian asal Suriah meminta maaf


Selasa, 14 Juni 2011 / 09:55 WIB
ILUSTRASI. Tenaga Pemasar Mikro Bank Mandiri menjelaskan kepada nasabah tentang aplikasi Mandiri Pintar di Cabang Majestik Jakarta, Senin(29/6). Dengan aplikasi Mandiri Pintar, proses persetujuan kredit mikro produktif, termasuk KUR, dapat dilakukan secara online da


Reporter: Dyah Megasari, BBC, Aljazeera |

EDINBURGH. Mahasiswa Amerika, yang berada di belakang blog bohong yang diklaim ditulis oleh seorang wanita lesbian Suriah, membela tindakannya dengan mengatakan meski dia menyesal telah menipu, blog ini telah memberikan fokus baru tentang penderitaan rakyat Suriah.

Tom McMaster, seorang mahasiswa Amerika di Universitas Edinburgh, Inggris menulis blog populer yang diberi nama "Seorang gadis gay di Damaskus" dan diklaim ditulis oleh aktivis perempuan Suriah, Amina Abdallah Arraf al-Omari.

"Saya merasa beberapa tahun lalu dalam diskusi mengenai masalah Timur Tengah di Amerika, ketika saya mengutarakan bukti-bukti nyata dan pendapat, reaksi yang muncul atas orang dengan nama seperti nama saya adalah: 'Mengapa Anda anti-Amerika? Mengapa Anda anti-Yahudi?," kata McMaster.

"Jadi saya mengarang nama untuk menjaga agar perhatian tercurah pada masalah sebenarnya," kata McMaster kepada BBC.

Blog ini mulai muncul Februari 2011 dan dikatakan menceritakan kisah kehidupan "Amina", 25 tahun, seorang lesbian keturunan Suriah-Amerika yang tinggal di Damaskus.

Selain berisi kehidupan sosial dan hubungan pribadinya, Amina juga mengecam Presiden Bashar al-Assad dan menyebut peran Amina dalam aksi-aksi demonstrasi menentang pemerintah.

Blog itu menceritakan dengan jelas kehidupan di ibukota Suriah selama pergolakan politik. Jumlah pembaca blog tersebut bertambah terus di seluruh dunia dan bahkan para wartawan turut mengikuti blog ini.

Pekan lalu tulisan di blog yang dikatakan ditulis oleh saudara sepupu Amina menyebutkan bahwa Amina telah ditangkap oleh sejumlah pria bersenjata yang diyakini sebagai anggota Partai Baath yang berkuasa.

Pengakuan penangkapan ini diberitakan secara luas oleh berbagai media termasuk BBC. Para penulis blogger dan aktivis meluncurkan kampanye pembebasan Amina.

Namun pada Minggu kemarin (12/6), muncul pengumuman "permintaan maaf kepada pembaca" di blog yang ditandatangani oleh Tom McMaster, 40 tahun, seorang aktivis Timur Tengah asal Amerika yang menimba ilmu di Universitas Edinburg.

McMaster menegaskan bahwa dia adalah "penulis satu-satunya dari semua tulisan di blog itu".




TERBARU

[X]
×