kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prancis akan evakuasi seluruh warganya di Pakistan, ini penyebabnya


Jumat, 16 April 2021 / 06:35 WIB
Prancis akan evakuasi seluruh warganya di Pakistan, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Perancis akan evakuasi seluruh warganya di Pakistan, ini penyebabnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Islamabad. Prancis bersiap mengevakuasi seluruh warga negaranya yang berada di Pakistan. Situasi keamanan di Pakistan tidak aman bagi warga negara Prancis.

Kedutaan Besar Prancis di Pakistan pada Kamis (15/4/2021) meminta semua warga negara dan perusahaan asal negara tersebut untuk sementara meninggalkan Pakistan. Alasannya adalah protes anti-Prancis yang sedang melanda Pakistan hingga melumpuhkan sebagian besar wilayah negara pekan ini.

"Karena ancaman serius terhadap kepentingan Prancis di Pakistan, warga negara Perancis dan perusahaan Perancis disarankan meninggalkan negara itu untuk sementara," tulis Kedubes Perancis kepada para warganya melalui e-mail.

"Keberangkatan akan dilakukan oleh maskapai penerbangan komersial yang ada," tambahnya yang dikutip AFP.

Sentimen anti-Prancis membara selama berbulan-bulan di Pakistan, sejak pemerintahan Presiden Emmanuel Macron menyatakan dukungannya terhadap penerbitan ulang kartun Nabi Muhammad.

Baca juga: Demo anti-Prancis meluas, Bangladesh, Pakistan, India boikot produk Prancis

Pada Rabu (14/4/2021) Pemerintah Pakistan menutup partai politik ekstremis Tehreek-e-Labbaik Pakistan (TLP) yang pemimpinnya, Saad Rizvi, menyerukan pengusiran Duta Besar Perancis. Rizvi ditahan beberapa jam setelah membuat tuntutannya, dan membawa ribuan pendukungnya ke jalan-jalan di kota-kota seantero Pakistan.

Sebanyak dua polisi tewas dalam bentrokan itu. Aparat keamanan menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan massa. Pendukung TLP melumpuhkan ibu kota Islamabad pada November 2020 selama tiga hari, dengan serangkaian unjuk rasa anti-Perancis.

Penistaan agama adalah masalah yang sangat sensitif di Pakistan yang konservatif. UU setempat mengizinkan hukuman mati dijatuhkan pada siapa pun yang dianggap menghina Islam atau tokoh agama tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perancis Imbau Semua Warganya Tinggalkan Pakistan, Ada Apa?"


Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Selanjutnya: Begini pembelaan presiden Prancis Emmanuel Macron soal karikatur Nabi Muhammad

 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×