kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45886,18   -14,64   -1.62%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perang Armenia vs Azerbaijan berpotensi meluas, negara ini sudah siaga di perbatasan


Senin, 26 Oktober 2020 / 12:52 WIB
Perang Armenia vs Azerbaijan berpotensi meluas, negara ini sudah siaga di perbatasan
ILUSTRASI. Bagian dalam sebuah apartemen yang diduga rusak akibat penembakan saat konflik militer di atas wilayah Nagorno-Karabakh yang memisahkan diri di Stepanakert, Sabtu (3/10/2020). David Ghahramanyan/NKR InfoCenter/PAN Photo/Handout via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Teheran. Perang Armenia vs Azerbaijan berpotensi meluas. Iran telah bersiaga di perbatasan wilayah perang Armenia vs Azerbaijan. 

Garda Revolusi Iran pada Minggu (25/10/2020) mengatakan, mereka telah mengerahkan pasukan ke sepanjang perbatasan dengan Azerbaijan dan Armenia. Pengerahan pasukan itu dilakukan menyusul adanya tembakan nyasar dari pertempuran di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh. "Satuan pasukan darat (Garda) telah dikirim dan ditempatkan di wilayah itu," kata komandan Brigjen Mohammad Pakpour, dikutip oleh kantor berita IRNA.

Misi mereka adalah "melindungi kepentingan nasional serta menjaga perdamaian dan keamanan". Lebih lanjut Pakpour mengatakan, Iran menghormati integritas teritorial negara tetangganya, tetapi "setiap gesekan dalam geopolitik perbatasan adalah garis merah Republik Islam Iran".

Sebelumnya komandan Pakpour mengunjungi daerah perbatasan Khoda Afarin pada Sabtu (24/10/2020), menurut laporan situs web Garda Nasional Sepahnews. Wilayah di selatan Azerbaijan berbatasan dengan wilayah utara Iran, yang juga berdekatan dengan Nagorno-Karabakh.

Baca juga: Promo Tupperware Oktober 2020 segera berakhir, fancy bottle, mug, jug, canister dll

Khoda Afrin dan desa-desa di dekatnya dilaporkan terkena tembakan mortir lintas perbatasan. "Jika tembakan semacam itu terulang lagi, Republik Islam Iran tidak akan tinggal diam," kecam juru bicara Kementerian Luar Negeri Saeed Khatibzadeh pada 16 Oktober.

Pada minggu pertama pertempuran peluru mortir berulang kali meleset keluar perbatasan. Seorang anak berusia 6 tahun terluka akibat tembakan itu. Armenia dan Azerbaijan terlibat konflik di Nagorno-Karabakh selama beberapa dekade. Wilayah etnis Azerbaijan itu memisahkan diri dari Baku dalam perang tahun 1909-an.

Kedua pihak juga enggan mematuhi seruan gencatan senjata dari dunia, sejak perang yang meletus pada 27 September. Pada Kamis (22/10/2020) Azerbaijan mengatakan, telah mengambil kendali penuh atas perbatasannya dengan Iran ketika melancarkan serangannya di Nagorno-Karabakh, membuat pasukan Armenia di dekat perbatasan itu harus mundur. Armenia sendiri juga berbatasan dengan Iran di sisi barat lautnya.

Baca juga: Lelang mobil dinas Honda City hanya Rp 20-an juta ditutup hari ini

Armenia dan Azerbaijan sekali lagi menyepakati gencatan senjata dalam konflik Nagorno-Karabakh, yang berlaku mulai Senin (26/10/2020). Kesepakatan itu disampaikan Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS), setelah gagalnya dua gencatan sebelumnya untuk menghentikan konflik di wilayah sengketa tersebut. Gencatan senjata pertama dinegosiasilan oleh Perancis, dan yang kedua ditengahi oleh Rusia. Keduanya sama-sama dilanggar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Tembakan Nyasar, Iran Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Azerbaijan-Armenia",

Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

Selanjutnya: Hanya Rp 174 juta, lelang rumah sitaan Bank CIMB Niaga ini seluas 72 m2




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×