kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perang kata-kata, China: Pemerintah AS beri contoh buruk dalam perang corona


Senin, 23 Maret 2020 / 08:58 WIB
Perang kata-kata, China: Pemerintah AS beri contoh buruk dalam perang corona
ILUSTRASI. Paramedis China saat pulang dari Wuhan. REUTERS/Stringer


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hubungan China dan Amerika Serikat masih panas. Kedua negara besar ini masih saling melontarkan kata-kata saling mengejek dan menyalahkan satu sama lain. 

Kali ini, China menuding Amerika Serikat memberikan contoh buruk dalam perang global melawan virus corona dengan cara yang semakin berbahaya. Yakni dengan mengalihkan kesalahan, menampar, dan mengotori China.

Melansir People's Daily, China menilai pemerintah AS kurang peduli dengan fokus pada pencegahan dan kontrol epidemi domestik dan lebih suka mengkritik Tiongkok karena berbagai alasan yang tidak berdasar dan tidak masuk akal demi mengalahkan China dengan menggunakan kata-kata rasis dan xenofobia.

Baca Juga: Warning ilmuwan China: Virus corona akan menyerang Eropa selama dua tahun!

Media yang menjadi corong pemerintah China itu juga menulis, para politisi Gedung Putih tanpa lelah menuduh China sebagai tempat kelahiran virus corona, bereaksi lambat terhadap wabah itu, menyusun data dan bahkan menyebut virus corona sebagai "virus China" atau "virus Wuhan."

Padahal, lanjut People's Daily, seiring meningkatnya infeksi dengan tajam di Amerika Serikat, pemerintah AS telah merespons dengan mengeluarkan sejumlah besar energinya untuk mengalihkan kesalahan dan mengabaikan fakta bahwa hanya solidaritas dan kerja sama yang akan mengalahkan pandemi dunia yang masih berkembang.

Baca Juga: Strategi Vladimir Putin cegah penyebaran corona berhasil, ini resepnya

Sejak 3 Januari, Tiongkok telah memberi tahu pihak AS tentang perkembangan epidemi, pencegahan dan tindakan pengendalian secara teratur. Namun, pihak AS membuang waktu berharga yang telah diberikan China untuk memerangi anti-virus global.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×