kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perang Rusia-Ukraina Tak Kunjung Usai, Produsen Mobil Ramai-ramai Keluar dari Rusia


Minggu, 25 September 2022 / 12:46 WIB
Perang Rusia-Ukraina Tak Kunjung Usai, Produsen Mobil Ramai-ramai Keluar dari Rusia
ILUSTRASI. Logo Toyota. REUTERS/Pascal Rossignol


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Gangguan rantai pasokan yang disebabkan oleh perang di Ukraina membuat melanjutkan operasi semakin sulit bagi beberapa produsen mobil. Terbaru, Mazda sedang mempertimbangkan untuk mengakhiri produksi di Rusia.

Mazda memproduksi kendaraan di perusahaan patungan dengan pembuat mobil lokal Sollers di Vladivostok timur di bawah apa yang disebut metode knockdown, di mana suku cadang dikirim untuk perakitan lokal.

Dikombinasikan dengan saham Sollers, produksi di pabrik tersebut mencapai sekitar 29.000 unit pada tahun 2021, menurut perusahaan riset MarkLines seperti dikutip dari Nikkei Asia, Minggu (25/9).

Manufaktur telah ditangguhkan, dan Mazda sekarang mempertimbangkan untuk keluar sepenuhnya. Tidak ada keputusan yang dibuat untuk mengakhiri penjualan atau pemeliharaan.

Baca Juga: Biden dan Marcos Jr Sepakat Dukung Kebebasan Navigasi di Laut China Selatan

Rencana ini datang setelah pengumuman pada hari Jumat oleh Toyota bahwa mereka  menarik diri dari operasi Rusia. Keluar dari Rusia oleh produsen mobil Jepang dan peralihan yang sedang berlangsung ke kendaraan listrik dapat memacu reorganisasi produksi suku cadang mobil di Eropa. 

Toyota akan mengakhiri produksi dan penjualan, kecuali untuk layanan perawatan mobil yang sudah dijual di Rusia. Toyota berencana untuk melikuidasi unit lokal, bukan menjualnya.

Mereka menyebutkan kesulitan dalam pengadaan suku cadang dan kebutuhan untuk mengkompensasi pekerja dalam mengumumkan keluarnya. Tidak dapat mengamankan suku cadang, tidak ada prospek untuk melanjutkan produksi dalam waktu dekat. 

Tanpa produksi dan impor mobil baru, unit lokal menggunakan cadangan rubelnya untuk membayar karyawan. Mengingat kebutuhan akan pesangon dan bantuan untuk pekerjaan berikutnya, Toyota memutuskan untuk keluar sebelum dana habis. 

Toyota memproduksi 80.000 kendaraan dan menjual 110.000 di negara itu pada tahun 2021, dengan pabriknya di St. Petersburg memproduksi kendaraan sport RAV4 dan lainnya.

Selain Toyota, Nissan Motor juga memutuskan untuk memperpanjang penutupan pabrik kendaraan jadi di St. Petersburg dari akhir September hingga akhir Desember. Mitsubishi Motors juga menangguhkan operasi di pabrik patungan dengan Stellantis Eropa di provinsi barat daya Kaluga. Renault Prancis menarik diri dari operasi Rusia.

Produsen mobil kemungkinan juga mempertimbangkan dampaknya pada citra mereknya. Sejak Moskow menginvasi Ukraina, beberapa di dalam pembuat mobil telah menyuarakan keprihatinan bahwa melanjutkan bisnis di Rusia tidak akan dapat diterima oleh para pemangku kepentingannya. 

Toyota Motor telah lama berpegang pada kebijakan menjauhkan diri dari politik, mengejar investasi dan produksi baik di AS dan China di tengah persaingan ketat mereka.

Baca Juga: Kekurangan Modal, Credit Suisse Tengah Cari Investor untuk Dapatkan Dana Segar

Di Myanmar, di mana pengambilalihan militer atas pemerintah sipil mendorong keluarnya bisnis asing, Toyota bungkam atas nasib pabrik baru yang akan dibuka.

Namun invasinya ke Ukraina telah membuat Rusia semakin terisolasi, sehingga sulit bagi Toyota untuk mengabaikan iklim politik. 

Dampaknya terhadap pendapatan Toyota terlihat tidak berarti meskipun hanya mengeluarkan biaya satu kali. Penjualan kendaraan baru Toyota di Rusia hanya menyumbang 1% dari total.

Sementara itu, keluarnya Toyota akan memiliki efek riak pada pemasok. Toyota Boshoku, yang masuk ke Rusia dengan Toyota Motor untuk memproduksi kursi, secara efektif akan ditarik dari pasar. Perusahaan belum mengumumkan rencananya tetapi diyakini sedang bersiap untuk menarik diri dari negara itu.

"Kami akan berbicara dengan masing-masing perusahaan komponen secara individual dan mempertimbangkan dukungan untuk penarikan mereka," kata Toyota. 

Pergeseran ke kendaraan listrik telah mendorong Nissan Motor, Honda, dan pembuat mobil lainnya untuk mengurangi produksi di Eropa. Perang Rusia bisa menjadi katalis untuk kalibrasi ulang jaringan produksi Eropa untuk mobil Jepang.




TERBARU

[X]
×