kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,89   4,58   0.50%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perangkat pintar genjot pasar aplikasi mobile


Jumat, 10 Januari 2014 / 12:27 WIB
Perangkat pintar genjot pasar aplikasi mobile
ILUSTRASI. Pahami 4 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berjerawat


Sumber: Reuters | Editor: Dessy Rosalina

SAN FRANCISCO. Menapaki tahun 2013, para pengembang aplikasi mobile memiliki harapan besar. Tahun ini disebut-sebut bakal menjadi tahun penuh berkah bagi pengembang.

Tahun ini, nilai pasar aplikasi mobile games diprediksi mencapai US$ 17 miliar. Jumlah ini naik tiga kali lipat dari US$ 6 miliar di tahun 2010. Aplikasi permainan menyumbang 75% dari total pasar aplikasi. Mengutip lembaga riset MarketsandMarkets, pasar aplikasi mobile bakal tumbuh menjadi US$ 25 miliar di tahun 2015.

Jika dihitung sejak tahun 2009 hingga 2004, pertumbuhan rata-rata tahunan (CAGR), kapitalisasi pasar aplikasi tumbuh 29,6%.
Prediksi lain, pasar aplikasi Apple atawa App Store, bakal menguasai 20,5% dari total pangsa pasar. "Pasar Amerika Utara merupakan pangsa pasar terbesar atau menguasai 41,6%," tulis MarketsandMarkets, mengutip www.techcrunch.com.

Namun, di tahun 2015, pasar Eropa bakal mendominasi pangsa pasar aplikasi dengan kontribusi sebesar US$ 1,2 miliar. Pasar aplikasi mobile Eropa diperkirakan tumbuh 33,6% saban tahun, sejak tahun 2009. Prediksi lain, kemunculan perangkat pintar baru bakal menjadi tren baru yang menggairahkan pasar aplikasi. Selain ponsel pintar, segelintir raksasa teknologi kini bersiap merilis kacamata pintar dan arloji pintar.

Sebut saja Google Glass atau kacamata pintar racikan Google Inc. Selain itu, saat ini di pasaran telah beredar arloji pintar (smartwatch) pabrikan Samsung dan Sony. Juniper Research memprediksi, penjualan kacamata dan arloji pintar mencapai 130 juta unit di tahun 2018. Niccolo DeMasi, CEO Glu Mobile, bilang, aplikasi arloji dan kacamata pintar bakal menjadi incaran pengembang aplikasi.

Ramalan dia, kacamata dan arloji pintar bakal menghebohkan pasar sama seperti kemunculan perdana Apple di tahun 2007. Saat ini, sekitar 2.000 developer, termasuk Glu Mobile, telah mendapat kode program Google Glass untuk keperluan pengembangan aplikasi. "Ekosistem aplikasi baru akan segera lahir tahun ini," ujar Shawn Hardin, CEO Mind Pirate.

Demi mencuil berkah pasar di perangkat pintar baru, Mind Pirate bersiap meluncurkan "Global Food Fight,". Ini adalah aplikasi permainan perdana untuk Google Glass.

Pekan ini bisa jadi merupakan titik penting bagi sejarah tren perangkat pintar baru. Sejumlah raksasa teknologi bakal memamerkan kacamata dan arloji pintar di ajang Consumer Electronics Show (CES). Perhelatan akbar ini berlangsung di Las Vegas pada Selasa (8/1)




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×