kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Mundur, Sejumlah Kandidat Pengganti Bermunculan


Rabu, 14 Agustus 2024 / 17:37 WIB
Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida Mundur, Sejumlah Kandidat Pengganti Bermunculan
ILUSTRASI. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan akan mengundurkan diri bulan depan imbas ketidakpuasan publik. REUTERS/Anushree Fadnavis


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan akan mengundurkan diri bulan depan imbas ketidakpuasan publik, dan membuka peluang perebutan untuk menggantikan posisinya.

“Politik tidak dapat berfungsi tanpa kepercayaan publik,” katanya pada konferensi pers seperti dikutip Reuters Rabu (14/8).

Ia  juga mengungkapkan keputusannya untuk tidak mencalonkan diri kembali sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa.

“Saya mengambil keputusan berat ini dengan memikirkan masyarakat, dengan kemauan yang kuat untuk mendorong reformasi politik ke depan.”

Baca Juga: PM Jepang Fumio Kishida Mengundurkan Diri, Tersandung Banyaknya Skandal

LDP akan mengadakan kontes pada bulan September untuk menggantikannya sebagai presiden partai tersebut, dan lebih jauh lagi, sebagai perdana menteri.

Peringkat Kishida merosot setelah ia menjabat pada tahun 2021 menyusul terungkapnya hubungan LDP dengan Gereja Unifikasi yang kontroversial.

Popularitasnya kembali terpukul ketika dana gelap dari sumbangan politik yang tidak tercatat yang diberikan pada acara penggalangan dana LDP terungkap.

Dia juga menghadapi ketidakpuasan masyarakat karena besaran kenaikan upah gagal mengimbangi kenaikan biaya hidup ketika Jepang akhirnya berhasil melepaskan diri dari tekanan deflasi selama bertahun-tahun.

“Perdana menteri petahana LDP tidak dapat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden kecuali dia yakin akan kemenangannya,” kata Koichi Nakano, profesor ilmu politik di Universitas Sophia.

"Ini seperti juara utama yokozuna sumo. Anda tidak hanya menang, tetapi Anda harus menang dengan anggun."

Penggantinya sebagai pemimpin LDP akan menghadapi tugas memulihkan kepercayaan publik terhadap partai tersebut dan mengatasi kenaikan biaya hidup, meningkatnya ketegangan geopolitik dengan Tiongkok, dan potensi kembalinya Donald Trump sebagai presiden AS tahun depan.

Kebijakan Moneter dan Pembangunan Militer

Melalui masa jabatannya sebagai pemimpin terlama kedelapan di Jepang pascaperang, Kishida mengubah kebijakan ekonomi sebelumnya dengan menghindari ekonomi trickledown yang didorong oleh keuntungan perusahaan dan mengarahkan pandangannya pada peningkatan pendapatan rumah tangga, termasuk kenaikan upah dan mendorong kepemilikan saham.

Dia memimpin Jepang keluar dari pandemi Covid dengan belanja stimulus besar-besaran dan juga menunjuk akademisi Kazuo Ueda sebagai kepala Bank of Japan (BOJ) untuk membimbing negara tersebut keluar dari stimulus moneter radikal yang dilakukan pendahulunya.

Baca Juga: Badai Disertai Hujan Deras Hantam Jepang, Transportasi Terganggu

Pada bulan Juli, BOJ secara tak terduga menaikkan suku bunga seiring dengan meningkatnya inflasi, sehingga berkontribusi terhadap ketidakstabilan pasar saham dan membuat yen menguat tajam.

Shoki Omori, kepala strategi Jepang di Mizuho Securities di Tokyo mengatakan, kepergian Kishida bisa berarti kondisi fiskal dan moneter yang lebih ketat, tergantung pada kandidatnya. 

“Singkatnya, aset-aset berisiko, khususnya ekuitas, kemungkinan akan terkena dampak paling besar,” katanya.

Masa jabatan Kishida juga ditandai dengan perubahan lingkungan keamanan yang mendorong Jepang untuk meninjau kembali kebijakan tradisionalnya yang bersifat pasifis.

Ia mengungkap pembangunan militer terbesar Jepang sejak Perang Dunia Kedua dengan komitmen melipatgandakan belanja pertahanan yang bertujuan menghalangi negara tetangganya, Tiongkok, dalam mengejar ambisi teritorialnya di Asia Timur melalui kekuatan militer.

Atas desakan Washington, Kishida juga memperbaiki hubungan Jepang dengan Korea Selatan yang sempat memanas, sehingga memungkinkan keduanya dan sekutu mereka, Amerika Serikat, untuk melakukan kerja sama keamanan yang lebih dalam melawan ancaman program rudal dan senjata nuklir Korea Utara.

“Secara pribadi, saya berharap dia terus menjabat sebagai perdana menteri,” kata Naoya Okamoto, seorang pekerja kantoran berusia 22 tahun di ibu kota Tokyo.

"Mungkin dia stres (dengan rating rendah), dan dengan semua keadaan di sekitarnya, saya kira dia tidak punya pilihan selain mundur."

Pemimpin Berikutnya

Mantan menteri pertahanan Shigeru Ishiba telah menyatakan diri sebagai calon pengganti Kishida, dengan mengatakan dia ingin memenuhi tugasnya jika dia mendapat dukungan yang cukup, kata lembaga penyiaran publik NHK.

Nama-nama lain yang muncul sebagai kandidat potensial adalah Menteri Luar Negeri Yoko Kamikawa, Menteri Digital Taro Kono, dan mantan Menteri Lingkungan Hidup Shinjiro Koizumi.

Baca Juga: PM Jepang Fumio Kishida Batal Kunjungan ke Asia Tengah Akibat Peringatan Gempa Besar

Para ahli mengatakan LDP harus memilih wajah baru yang bisa keluar dari skandal tersebut jika ingin bertahan dalam pemilihan umum yang dijadwalkan pada kuartal ketiga tahun 2025.

“Jika LDP memilih pemimpin berikutnya dengan mengabaikan kritik publik terhadap skandal pendanaan politik, partai tersebut bisa mengalami kekalahan telak,” kata analis politik Atsuo Ito.

“Partai harus memilih seseorang yang muda dan tidak memiliki hubungan dengan pemerintahan saat ini sehingga dapat menghadirkan LDP baru.”




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×