kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peretas Elit Rusia Targetkan Politisi Jerman, Google Memperingatkan


Sabtu, 23 Maret 2024 / 12:40 WIB
Peretas Elit Rusia Targetkan Politisi Jerman, Google Memperingatkan
Peretas Elit Rusia Targetkan Politisi Jerman, Google Memperingatkan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BERLIN. Bulan lalu, serangan siber yang terkait dengan intelijen Rusia mencuat ke permukaan dengan menargetkan beberapa partai politik Jerman. Tujuannya jelas: menyusup ke dalam jaringan mereka dan mencuri data berharga. 

Peringatan resmi dari badan keamanan siber Jerman serta peneliti keamanan yang berada di bawah naungan Alphabet, induk perusahaan Google, telah mengungkapkan tabir dari ancaman ini.

Dalam laporan terbaru yang dirilis pada hari Jumat, unit siber Mandiant di bawah naungan Alphabet mengungkap bahwa mereka berhasil mendeteksi serangan dari kelompok peretas yang dikenal sebagai APT29. 

Baca Juga: Serangan Siber Meningkat di Berbagai Negara, Bahayakan Keamanan Nasional

Kelompok ini diduga memiliki keterkaitan dengan agen mata-mata asing SVR Rusia, yang bertugas untuk mengelabui "figur politik utama Jerman". Caranya? Dengan menyamar sebagai undangan resmi untuk sebuah acara makan malam pada tanggal 1 Maret, yang diselenggarakan oleh Christian Demokrat Union (CDU), sebuah partai politik kanan-tengah di Jerman.

Peringatan yang disampaikan oleh badan siber BSI Jerman, dan dikonfirmasi oleh Reuters, menegaskan bahwa serangan ini merupakan bagian dari upaya mata-mata siber yang didukung negara untuk memperoleh akses jangka panjang dan merampas data sensitif.

CDU, melalui pernyataan resminya, mengakui bahwa mereka telah menjadi sasaran serangan digital baik dari dalam maupun luar negeri. Namun, mereka menegaskan bahwa acara makan malam yang disebutkan dalam serangan itu adalah fiktif dan mereka tidak pernah menyelenggarakannya.

Baca Juga: Sistem Diserang Hacker, Unit ICBC di Amerika Pinjam Dana US$ 9 Miliar

Meskipun peringatan tersebut tidak memberikan detail spesifik tentang pelaku serangan, baik Mandiant maupun Alphabet menahan diri untuk mengungkap lebih lanjut. BSI juga belum memberikan tanggapan resmi terkait permintaan komentar.

Menurut peringatan BSI, kekuatan asing, terutama Rusia, memiliki minat khusus dalam memata-matai politisi Jerman, terutama menjelang "pemilihan umum Eropa yang akan datang." Mandiant menambahkan bahwa strategi ini sejalan dengan fokus Rusia dalam konflik panjangnya dengan Ukraina.

"Serangan terbaru ini tidak hanya bertujuan merusak Jerman atau politisi di dalamnya; ini adalah bagian dari upaya Rusia yang lebih besar untuk mengurangi dukungan Eropa terhadap Ukraina," kata Dan Black dari Mandiant dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Cyber Crime Level Internasional yang Menyerang Industri Jasa Keuangan Sulit Diusut

Jerman adalah salah satu negara Barat yang memberikan dukungan militer kepada Ukraina dalam perang melawan Rusia. Meskipun begitu, pada bulan Desember sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan bahwa hubungan antara Berlin dan Moskow masih dalam kondisi beku.

Laporan pertama tentang kampanye peretasan ini dilaporkan oleh Der Spiegel Jerman pada Jumat sebelumnya, menyoroti eskalasi ancaman siber yang semakin mengkhawatirkan.




TERBARU

[X]
×