kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peretasan terburuk: Akun Twitter Biden, Buffett, Obama, Elon Musk dibajak


Kamis, 16 Juli 2020 / 07:21 WIB
Peretasan terburuk: Akun Twitter Biden, Buffett, Obama, Elon Musk dibajak
ILUSTRASI. Logo Twitter. REUTERS/Mike Blake/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Serangkaian akun Twitter para tersohor dunia dibajak pada hari Rabu (15/7/2020). Adapun akun yang dibajak di antaranya termasuk kandidat presiden AS Joe Biden, bintang reality show televisi Kim Kardashian, mantan Presiden AS Barack Obama, miliarder Elon Musk, dan rapper Kanye Barat, dan masih banyak lainnya. Akun mereka digunakan untuk meminta mata uang digital.

Melansir Reuters, penyebab pembajakan akun tidak jelas. Akan tetapi, ruang lingkup masalah yang tidak biasa menunjukkan bahwa itu tidak terbatas pada satu akun atau layanan. Terjadinya peretasan yang tidak biasa, baik pada skala dan koordinasi ini, membuat para ahli terkejut.

"Ini tampaknya menjadi peretasan terburuk dari platform media sosial utama," kata Dmitri Alperovitch, yang ikut mendirikan perusahaan cybersecurity CrowdStrike kepada Reuters.

Baca Juga: Naya Rivera bintang Glee ditemukan tewas di Danau Piru

Twitter mengatakan sedang menyelidiki apa yang disebutnya "insiden keamanan" dan akan mengeluarkan pernyataan segera. Saham perusahaan media sosial ini anjlok hampir 5% dalam perdagangan setelah pasar tutup sebelum akhirnya meminimalisir kerugian mereka.

Beberapa tweet dihapus dengan cepat tetapi tampaknya ada perjuangan untuk mendapatkan kembali kendali atas beberapa akun. Dalam kasus miliarder Kepala Eksekutif Tesla Elon Musk, misalnya, ada satu tweet yang meminta cryptocurrency langsung dihilangkan dan beberapa waktu kemudian, muncul tweet yang lain, dan kemudian muncul tweet yang ketiga.

Baca Juga: Amitabh Bachchan dan Abhishek Bachchan, aktor India positif terinfeksi virus corona

Akun para tersohor yang ikut terpengaruh antara lain: pendiri Amazon Jeff Bezos, investor Warren Buffett, pendiri Microsoft Bill Gates, dan akun perusahaan untuk Uber dan Apple. Beberapa akun organisasi yang berfokus pada cryptocurrency juga dibajak.

Akun kampanye Biden juga terkena dampak. Sumber Reuters mengatakan, perusahaan telah mengunci akun Demokrat segera setelah terjadi peretasan dan menghapus tweet terkait.




TERBARU

[X]
×