kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringatan dari Menteri Keuangan AS, TikTok hanya diberi 2 opsi


Senin, 03 Agustus 2020 / 06:46 WIB
Peringatan dari Menteri Keuangan AS, TikTok hanya diberi 2 opsi
ILUSTRASI. Menteri Keuangan Amerika Serikat menyatakan TikTok harus menjual operasinya di AS atau diblokir


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Washington DC. Serangan verbal terhadap aplikasi TikTok di Amerika Serikat kembali bermunculan. Kali ini, Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin menyampaikan ancaman tegas untuk pemblokiran aplikasi TikTok.

Steven Mnuchin menyatakan, TikTok harus dijual atau pemerintah tidak akan segan melakukan pemblokiran. "TikTok tidak bisa tetap eksis di AS sebagaimana adanya", kata Steven Mnuchin sebagaimana diberitakan kantor berita AFP Minggu (2/8/2020).

Baca juga: Lelang mobil Grand Livina di Jakarta murah, uang jaminan Rp 12 juta dibuka hingga 5/8

Pernyataan Steven Mnuchin merupakan peringatan terbaru yang dikeluarkan Washington terhadap aplikasi berbagi video yang berasal dari China itu. Aplikasi berbagi video yang dikembangkan ByteDance itu menjadi populer di kalangan anak muda, dengan jumlah pengguna mencapai satu miliar di seluruh dunia.

Steven Mnuchin tidak menyinggung ancaman sebelumnya yang dilontarkan Presiden Donald Trump ketika berada di pesawat Air Force One pada Jumat (31/7/2020). Menteri Keuangan AS berusia 57 tahun itu menuturkan, Komite Investasi Luar Negeri yang dia ketuai sudah melakukan peninjauan terhadap aplikasi tersebut.

Aplikasi itu disorot karena dituding menjadi alat bagi pemerintah China dalam mengumpulkan informasi intelijen terhadap warga AS. "Saya akan mengatakannya terang-terangan bahwa TikTok tak bisa menjadi bentuknya seperti saat ini karena berpotensi mengirim informasi 100 juta warga AS," kata dia kepada ABC.

Steven Mnuchin menerangkan, dia sudah membahasnya dengan para petinggi Kongres. Termasuk Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan pemimpin minoritas Senat, Chuck Schumer.

Dari hasil pembicaraan tersebut, dia menjelaskan semua bersepakat bahwa perubahan harus dilakukan jika TikTok masih ingin beroperasi di AS. "Segera lakukan penjualan atau bersiap diblokir di sini. Semuanya sepakat bahwa aplikasi ini tak bisa beroperasi jika terus memaksakan bentuk lamanya," ujar dia.

Baca juga: Untung saja, pesawat ini jatuh di Papua Nugini sebelum sampai di Indonesia

The Wall Street Journal melaporkan Sabtu (1/8/2020), negosiasi antara Microsoft dengan ByteDance untuk membeli operasional di AS sempat terhenti setelah Trump mengancam. Adapun aplikasi itu melalui General Manager Vanessa Pappas sempat menyerang balik, dengan menegaskan mereka tak berniat untuk angkat kaki.

(Ardi Priyatno Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri Keuangan AS: TikTok Harus Dijual atau Diblokir di Sini",




TERBARU

[X]
×