kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Peringatan terkini WHO: Hati-hati, wabah Covid-19 kembali meningkat cepat


Sabtu, 20 Juni 2020 / 11:42 WIB
 Peringatan terkini WHO: Hati-hati, wabah Covid-19 kembali meningkat cepat
ILUSTRASI. Direktur Jenderal World Health Organization (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus. REUTERS/Denis Balibouse/File Photo


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini peringatan terkini dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). WHO memperingatkan,  saat ini wabah virus corona yang menyebabkan munculnya penyakit Covid-19 kembali meningkat cepat dan telah berada di tingkat fase yang baru dan berbahaya. 

Lebih dari 150.000 kasus infeksi baru virus corona dilaporkan ke badan kesehatan global itu pada Kamis lalu, menurut NZ Herald. Angka tertinggi yang terjadi dalam satu hari sejauh ini, menurut Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Konferensi Pers di Jenewa, Jumat (20/6/2020). 

Baca Juga: Hasil studi temukan antibodi corona hanya bertahan 2-3 bulan, ini artinya

"Hampir separuh dari kasus-kasus yang dilaporkan berasal dari Amerika, dengan angka tinggi yang juga dilaporkan dari Asia Selatan dan Timur Tengah," ujar Tedros. 

Tedros juga mengatakan bahwa dunia saat ini tengah memasuki fase baru dan berbahaya di mana banyak orang disarankan untuk tetap lebih banyak di rumah. "Banyak negara sangat bersemangat untuk kembali membuka masyarakat dan ekonomi mereka. Namun virus ini masih menyebar dengan cepat, masih mematikan dan kebanyakan orang masih sangat rentan," ujarnya. 

Baca Juga: Tes Covid-19 di Indonesia dinilai mahal, bagaimana dengan biaya di Amrik?

Virus corona di Beijing kemungkinan 'diimpor' Menurut Dr Michael Ryan dari WHO, virus corona di Beijing saat ini kemungkinan diimpor. Data genom yang diterbitkan oleh China pada Jumat menunjukkan bahwa virus berbagi beberapa kesamaan dengan galur virus yang ada di Eropa. Namun, bukan berarti menurut Ryan, virus itu diimpor dari Eropa. 

"Ketika kita berbicara tentang galur virus di Eropa, kita harus berhati-hati," katanya. 

Baca Juga: Ini yang prioritas pertama mendapatkan vaksin corona, menurut WHO

Dia menambahkan, "Ada berbagai galur yang beredar, tetapi jujur saja, galur virus telah berpindah di seluruh dunia. Misalnya jika Anda pergi ke New York, banyak virus yang beredar di New York berasal dari Eropa. Bahkan tempat-tempat seperti Jepang telah mengimpor ulang kasus-kasus infeksi dari Eropa." 

Meski begitu, Ryan mengatakan bahwa bukan berarti Eropa adalah asal mula penyakit Covid-19. "Maksudnya, kemungkinan besar penyakit itu diimpor dari luar Beijing," ujar Ryan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "WHO: Hati-hati, Wabah Covid-19 Kembali Meningkat Cepat"
Penulis : Miranti Kencana Wirawan
Editor : Miranti Kencana Wirawan




TERBARU

[X]
×