kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perjanjian Perdagangan Bebas Singapura dan Aliansi Pasifik Disahkan, Ini Isinya


Kamis, 27 Januari 2022 / 13:01 WIB
Perjanjian Perdagangan Bebas Singapura dan Aliansi Pasifik Disahkan, Ini Isinya
ILUSTRASI. Pemimpin negara Aliansi Pasifik dan Singapura?selama KTT XVI Aliansi Pasifik di Bahia Malaga, Kolombia, 26 Januari 2022.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - BOGOTA. Perjanjian perdagangan bebas antara Singapura dan Aliansi Pasifik disahkan pada Rabu (26/1) di Bahia Malaga, Kolombia. Langkah ini akan mendekatkan anggota Aliansi Pasifik, yang terdiri dari Kolombia, Meksiko, Peru dan Chili, dengan Asia.

Pemerintah Kolombia dalam pernyataannya mengatakan, perjanjian tersebut akan membantu kerjasama dalam energi, infrastruktur, industri digital dan makanan, serta pengiriman dan logistik.

"Melalui perjanjian komersial baru antara Singapura dan Aliansi Pasifik, kami memenuhi visi untuk lebih dekat ke Asia-Pasifik, meningkatkan hubungan komersial, menarik investasi, meningkatkan akses ke pasar barang, dan mendorong akses penyedia layanan ke berbagai sektor," kata Menteri Perdagangan Kolombia Maria Ximena Lombana, sebagaimana dikutip Reuters.

Peresmian perjanjian tersebut dihadiri langsung oleh Presiden Kolombia Ivan Duque, Presiden Peru Pedro Castillo, Presiden Ekuador Guillermo Lasso, Presiden Chili Sebastian Pinera, dan Menteri Keuangan Meksiko Rogelio Ramirez.

Baca Juga: Perjanjian Ekstradisi Indonesia-Singapura Diteken

Setelah ini, para anggota Aliansi Pasifik akan meratifikasi perjanjian tersebut di badan legislatif masing-masing untuk dibahas dan dikaji, apakah sesuai dengan tujuan nasional negara.

Perjanjian akan resmi berlaku ketika ada setidaknya dua parlemen negara anggota yang sudah menandatanganinya.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong tidak bisa hadir secara langsung pada Rabu karena pembatasan perjalanan terkait pandemi. Melalui pesan video, Lee menyambut baik perjanjian yang akan memperkuat hubungan dua kawasan tersebut.

"Ini adalah momen penting dalam kemitraan Singapura dengan Aliansi Pasifik. Perjanjian ini akan melembagakan dan memperkuat hubungan ekonomi antara negara kita," kata Lee, seperti dilansir Reuters.

Aliansi Pasifik merupakan blok perdagangan negara-negara Amerika Latin yang semua wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudra Pasifik. Tujuan utama pembentukan aliansi ini adalah untuk meningkatkan integrasi regional di sektor perdagangan.

Keempat negara anggotanya saat ini diperkirakan menyumbang hingga 35% PDB Amerika Latin. Pada pertemuan Rabu, kabarnya Ekuador sedang dalam persiapan untuk menjadi anggota penuh aliansi ini.




TERBARU

[X]
×