kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Pernah ditawar Pornhub, Verizon jual Tumblr ke pemilik Wordpress


Selasa, 13 Agustus 2019 / 19:22 WIB
Pernah ditawar Pornhub, Verizon jual Tumblr ke pemilik Wordpress
ILUSTRASI. Aplikasi Tumblr

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - SAN FRANSISCO. Verizon Communication telah sepakat menjual jejaring sosial blogging Tumblr ke Automattic Inc, pemilik tool penerbitan online Wordpress. Penjualan tersebut disebut dilakukan dengan harga murah.

Nilai transaksi memang dirahasiakan namun disebut lebih rendah dari pembelian yang dilakukan Yahoo terhadap Tumblr pada tahun 2013 yakni sebesar US$ 1,1 miliar.

Mengutip The Wall Street Journal, Selasa (13/8), Automattic Inc akan membeli Tumbl dan sekaligus memboyong sekitar 200 karyawannya.

Baca Juga: Verizon menjual Tumblr ke pemilik WordPress

Tumblr, meskipun tidak menguntungkan, menampung lebih dari 450 juta blog dan pernah dianggap sebagai pemain utama dalam ruang media sosial.
Jaringan ini diakuisisi Yahoo enam tahun yang lalu. Verizon kemudian mengakuisisi Yahoo pada tahun 2017 sebagai bagian dari upayanya membangun media digital dan bisnis periklanan.

Eksistensi Tumblr sebagai layanan gratis yang menampung jutaan blog memudar setelah dikerdilkan oleh kehadiran jejaring sosial lain seperti Facebook, Reddit, dan yang lainnya.

Keinginan Verizon untuk menjual Tumblr sudah lama digadang-gadang. Namun, pada Mei lalu hanya Pornhub satu-satunya penawar yang muncul ke publik.

Verizon sedang dalam proses pembenahan kelompok medianya, yang berjuang untuk memenuhi target pendapatan dalam beberapa tahun terakhir.
Bisnisnya yakni Yahoo dan AOL web properties seperti HuffPost, TechCrunch, serta pembuat merek media feminis dan pembuat situs wawancara selebriti semakin fokus pada langganan dan konten asli.

Verizon awalnya berencana untuk mengubah tambalan merek dot-com menjadi bisnis periklanan online yang berkembang, tetapi strateginya tidak pernah terbakar. Dan CEO baru operator sedang memfokuskan kembali pada apa yang dilakukan perusahaan terbaik layanan nirkabel.

Tumblr telah menghadapi kecaman selama bertahun-tahun karena tidak memantau dengan baik konten pornografi, yang akhirnya dilarang Verizon tahun lalu.

Kepala Eksekutif Automattic Matt Mullenweg mengatakan kepada Wall Street Journal bahwa ia berencana untuk mempertahankan larangan tersebut.

Mullenweg mengatakan, akuisisi Tumblr merupakan yang terbesar bagi Automattic. Perusahaan San Francisco ini memiliki merek stabil yang berfokus pada penerbitan online, termasuk situs longreads Longforms, layanan penyaringan komentar Akismet, dan layanan pengelola avatar Gravatar.

Seperti diketahui, Verizon Media Group membukukan pendapatan sebesar US$ 1,8 miliar kuartal II-2019, turun 2,9% dari periode yang sama tahun sebelumnya.


Tag


TERBARU

Close [X]
×