kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pernah lepas jabatan perdana menteri karena kesehatan, kini PM Shinzo Abe sakit lagi


Selasa, 18 Agustus 2020 / 06:36 WIB
Pernah lepas jabatan perdana menteri karena kesehatan, kini PM Shinzo Abe sakit lagi
ILUSTRASI. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe berjalan masuk ke dalam mobil saat meninggalkan Rumah Sakit Universitas Keio di Tokyo, Jepang, Senin (17/8/2020). Kyodo/via REUTERS


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Tokyo. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sedang sakit. Sebuah laporan menyebut, Perdana Menteri Shinzo Abe menjalani pemeriksaan yang lama di rumah sakit. Alasan kesehatan pernah menyebabkan Shinzo Abe melepas jabatan perdana menteri yang pertama.

Pada Senin (17/8/2020), Shinzo Abe keluar dari rumah sakit di Keio University Hospital Tokyo, setelah diperiksa lebih dari tujuh jam, dan pergi dengan mobil tanpa mengatakan sepatah kata pun, menurut tayangan televisi lokal yang dilansir AFP. Di rumah sakit itu dulu Shinzo Abe sempat dirawat karena kolitis ulseratif (peradangan usus besar).

Baca juga: Sermakin berbahaya, virus corona membunuh 2 warga India per dua menit

Abe yang mendadak mendatangi rumah sakit pada hari ini memicu spekulasi di media lokal tentang kesehatannya. Sebuah laporan dari majalah mingguan pada Juli mengklaim, Abe muntah darah.

Namun, Juru Bicara Pemerintah Yoshihide Suga bersikeras bahwa perdana menteri sehat. Kemudian baru-baru ini, kesehatan Abe dipertanyakan lagi karena dia enggan mengadakan konferensi pers.

Padahal, kritik sedang deras mendera Pemerintah Jepang atas penanganannya terhadap virus corona dengan jumlah kasus yang melonjak. Para analis mengatakan, Abe kesulitan menjawab pertanyaan di depan umum, dan salah satu stasiun televisi setempat melaporkan bahwa Abe berjalan lebih lambat akhir-akhir ini di kantor perdana menteri.

Media lokal yang dikutip AFP pada Senin mewartakan, Abe sudah menyelesaikan pemeriksaan kesehatan rutin tahunnya pada Juni. Lalu mengutip seorang ajudan yang bilang bahwa PM sekarang menjalani "pemeriksaan kesehatan rutin satu hari" tambahan.

Akhir pekan lalu, seorang anggota senior Partai Demokrat Liberal-nya Abe tampak menyarankan agar perdana menteri berusia 65 tahun itu perlu istirahat. "Kami perlu memaksanya istirahat meski hanya beberapa hari," kata Akira Amari kepada stasiun televisi lokal.

Abe sekarang adalah PM dengan masa jabatan terlama di "Negeri Sakura", tetapi masa jabatan pertamanya berakhir mendadak pada 2007. Ia tiba-tiba mundur setelah hanya satu tahun menjabat, dan menyebutkan faktor kesehatan adalah salah satunya.

Baca juga: Deretan rumah di Jakarta yang dilelang dengan harga Rp 700-an juta

Saat itu Abe didiagnosis menderita radang usus besar, tetapi saat terpilih lagi sebagai PM Jepang pada 2012, dia menyebut sudah mengatasi kondisinya dengan pengobatan baru.

Dampak wabah virus corona di Jepang memang lebih kecil dibandingkan negara-negara maju lainnya, tetapi Abe tetap tak luput dari kritik karena beberapa kebijakannya gagal dalam menangani krisis.

Programnya mendistribusikan masker kain ke setiap rumah tangga mendapat banyak cemoohan, dan secara memalukan dia dipaksa memutar balik distribusi dana stimulus.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PM Jepang Shinzo Abe 7 Jam Diperiksa di Rumah Sakit, Ada Apa?",

Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×