kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45859,88   -1,43   -0.17%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.03%

Pertama dalam satu dekade, Perdana Menteri Israel kembali berkunjung ke Mesir


Selasa, 14 September 2021 / 12:07 WIB
Pertama dalam satu dekade, Perdana Menteri Israel kembali berkunjung ke Mesir
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi bertemu dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett, di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh, Mesir, 13 September 2021

Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KAIRO. Perdana Menteri Israel Naftali Bennett pada Senin (13/9) mengadakan pertemuan langsung dengan Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi. Ini merupakan kunjungan pertama pemimpin Israel dalam satu dekade ke Mesir.

Melansir Reuters, Bennett dan Sisi melakukan pembicaraan tentang hubungan bilateral Israel dan Palestina. Bennett yang mulai menjabat pada Juni lalu diundang langsung oleh Sisi pada Agustus.

Berkaitan dengan konflik Israel-Palestina, Mesir telah memainkan peran penting menengahi dan mencoba untuk memperkuat gencatan senjata di Jalur Gaza, terutama sejak perang 11 hari pada Mei lalu.

Dalam pernyataannya pasca pertemuan, Bennett mengatakan, kedua negara berupaya menciptakan fondasi untuk koneksi yang mendalam di masa mendatang. 

Baca Juga: Jepang mendesak Israel untuk memperbaiki stabilitas keamanan di Timur Tengah

Sementara Sisi menggarisbawahi upaya Mesir untuk menjaga ketenangan di Palestina dan pentingnya dukungan internasional untuk upaya membangun kembali di wilayah itu.

Pernyataan Kantor Kepresidenan Mesir menyebutkan, Sisi mendukung semua upaya untuk mencapai perdamaian komprehensif di Timur Tengah berdasarkan solusi dua negara.

Bennett dan Sisi juga diperkirakan akan membahas isu-isu regional, termasuk pengaruh Iran di Timur Tengah dan krisis di Lebanon. 

Kunjungan resmi terakhir oleh seorang Perdana Menteri Israel ke Mesir adalah ketika Benjamin Netanyahu bertemu dengan mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak pada Januari 2011 di Sharm el-Sheikh, beberapa saat sebelum Mubarak digulingkan.

Kedekatan Mesir dengan Israel

Mesir merupakan negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada 1979. Meskipun demikian, hubungan keduanya tetap dingin. Kerja sama keamanan dan hubungan ekonomi keduanya pun cukup terbatas.

Baca Juga: Israel dan Palestina terindikasi melakukan kejahatan perang selama perang Gaza




TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×