kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan ekonomi China melambat 7,9% pada kuartal II-2021


Kamis, 15 Juli 2021 / 10:12 WIB
Pertumbuhan ekonomi China melambat 7,9% pada kuartal II-2021
ILUSTRASI. Terminal peti kemas di China


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Pertumbuhan ekonomi China turun lebih dari setengahnya dari rekor ekspansi tiga bulan pertama tahun ini pada kuartal kedua 2021.

Melambatnya aktivitas manufaktur, biaya bahan baku yang lebih tinggi, dan wabah Covid-19 baru membebani momentum pemulihan.

Produk domestik bruto (PDB) tumbuh 7,9% pada kuartal April-Juni dari tahun sebelumnya, data resmi menunjukkan pada hari Kamis (15/7), meleset dari ekspektasi untuk kenaikan 8,1% dalam jajak pendapat ekonom Reuters.

Pertumbuhan melambat secara signifikan dari rekor ekspansi 18,3% pada periode Januari-Maret, ketika tingkat pertumbuhan tahunan sangat dipengaruhi oleh kemerosotan yang disebabkan oleh Covid-19 pada kuartal pertama 2020.

Baca Juga: Bursa Asia menanti rilis data ekonomi Australia dan China

Data aktivitas Juni melambat dari bulan sebelumnya tetapi mengalahkan ekspektasi.

Sementara ekonomi terbesar kedua di dunia telah pulih dengan kuat dari krisis Covid-19, didukung oleh kenaikan laju ekspor dan dukungan kebijakan, data dalam beberapa bulan terakhir menunjukkan beberapa kehilangan momentum.

Biaya bahan baku yang lebih tinggi, kekurangan pasokan, dan pengendalian polusi membebani aktivitas industri. Sementara wabah kecil Covid-19 telah membatasi pengeluaran konsumen.

Dengan melemahnya pertumbuhan, investor mengamati untuk melihat apakah bank sentral bergeser ke sikap kebijakan yang lebih mudah setelah People's Bank of China mengumumkan pekan lalu akan memotong jumlah uang tunai yang harus dimiliki bank sebagai cadangan.

Langkah ini melepaskan sekitar 1 triliun yuan (US$ 154,64 miliar) dalam likuiditas jangka panjang untuk mendukung pemulihan.

Pada basis triwulanan, PDB meningkat 1,3% pada periode April-Juni, Biro Statistik Nasional mengatakan, hanya mengalahkan ekspektasi untuk kenaikan 1,2% dalam jajak pendapat Reuters.

Ekonomi tumbuh 0,4% direvisi pada kuartal pertama dari kuartal keempat tahun lalu.

Data NBS juga menunjukkan output industri China tumbuh 8,3% pada Juni dari tahun lalu, melambat dari kenaikan 8,8% pada Mei.

Ekonom dalam jajak pendapat memperkirakan kenaikan 7,8% tahun-ke-tahun. Penjualan ritel tumbuh 12,1% dari tahun sebelumnya di bulan Juni. Analis dalam jajak pendapat memperkirakan kenaikan 11,0% setelah kenaikan 12,4% Mei.

Baca Juga: Simak sentimen yang membayangi pergerakan IHSG pada Kamis (15/7)

Data awal pekan ini menunjukkan ekspor China tumbuh jauh lebih cepat dari yang diharapkan pada Juni, tetapi seorang pejabat bea cukai mengatakan pertumbuhan perdagangan secara keseluruhan mungkin melambat pada paruh kedua tahun 2021, sebagian mencerminkan ketidakpastian pandemi Covid-19

Ekonom dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan, laju PDB 8,6% pada tahun 2021, yang akan menjadi pertumbuhan tahunan tertinggi dalam satu dekade dan jauh di atas target resmi negara untuk pertumbuhan lebih tinggi dari 6%.

China adalah satu-satunya ekonomi utama yang menghindari kontraksi tahun lalu, meningkat 2,3%. Perdana Menteri Li Keqiang menegaskan pada hari Senin bahwa China tidak akan menggunakan stimulus seperti banjir.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×