kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan asuransi di AS saling caplok


Sabtu, 27 Juni 2015 / 09:23 WIB
Perusahaan asuransi di AS saling caplok


Reporter: Fitri Nur Arifenie | Editor: Sanny Cicilia

NEW YORK. Peta perusahaan asuransi di Amerika Serikat (AS) bakal berubah. Lima perusahaan dengan pasar terbesar di negeri paman Sam sedang saling memburu satu sama lain. Jika tidak ingin diakuisisi, mereka harus mencaplok perusahaan lain. 

Maklum, beberapa hari lalu dua raksasa asuransi AS, Anthem Inc. dan Cigna Corp. dikabarkan siap bermerger. Anthem menawar Cigna US$ 47 miliar dalam bentuk uang tunai dan saham. 

Kabar tersebut membuat raksasa asuransi lainnya kebat-kebit. Aetna, perusahaan asuransi kesehatan terbesar kedua di AS, pun meningkatkan intensitas pembicaraan akuisisi dengan Humana Inc. 

Menurut sejumlah sumber Bloomberg yang mengetahui proses akuisisi itu, Aetna telah mengajukan penawaran resmi ke Humana awal pekan ini. Kata sepakat pengambilalihan itu ditargetkan tercapai akhir minggu ini. 

Tapi, sumber Bloomberg tadi tidak menyebutkan nilai akuisisi Humana tersebut. Yang jelas, Aetna bakal menghargai Humana di atas kapitalisasi pasarnya yakni lebih dari US$ 28 miliar. 

Sejatinya, selain dari Aetna, Humana juga mengantongi proposal penawaran dari Cigna. Namun, para pemegang saham perusahaan asuransi yang bermarkas besar di Kentucky, AS, tersebut lebih memilih tawaran dari Aetna. 

Wajar Humana menjadi rebutan Aetna dan Cigna. Sebab, jumlah keanggotaan medicare Humana yang mencapai 3,2 juta orang menjadi incaran kedua perusahaan asuransi itu. Sedang total nasabah asuransi Humana mencapai 14 juta pemegang polis. 

Sayang, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Humana, Aetna, dan Cigna. Perwakilan dari ketiga perusahaan asuransi itu menolak berkomentar. 

Yang jelas, kabar akuisisi tersebut membuat harga saham Humana di Bursa New York, Kamis (25/6) melonjak 8% menjadi US$ 198,99 per saham, kenaikan tertinggi sejak 29 Mei 2015 lalu. Harga saham Aetna juga naik 2,8% jadi US$ 131,07 per saham. 

Belum ada perjanjian 
Toh, sumber Bloomberg bilang, rencana akuisisi Aetna dan Humana bisa batal. Soalnya, belum ada perjanjian yang mengikat keduanya. Humana masih berpeluang menerima pinangan dari perusahaan lain, seperti Cigna ataupun Anthem. Sementara Aetna juga bisa dicaplok UnitedHealth Group Inc., perusahaan asuransi kesehatan nomor wahid di AS. 

Sektor asuransi kesehatan di AS memang sedang menghadapi periode akuisisi yang intens. Lima perusahaan asuransi dengan market paling besar di AS lagi menjajaki peluang untuk diakuisisi atau membeli para pesaingnya. 

Beberapa pembicaraan konsolidasi itu dipicu oleh Undang-Undang (UU) Perlindungan Pasien dan Perawatan yang Terjangkau. Beleid yang populer dengan sebutan Obamacare ini memaksa perusahaan asuransi untuk melakukan efisiensi. UU ini juga mengatur bantuan subsidi pemerintah untuk membantu masyarakat membayar premi asuransi.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×