kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perusahaan Asuransi Membatalkan Asuransi Kapal di Wilayah Rusia dan Ukraina


Rabu, 28 Desember 2022 / 16:53 WIB
Perusahaan Asuransi Membatalkan Asuransi Kapal di Wilayah Rusia dan Ukraina
ILUSTRASI. Asuransi kapal di wilayah Rusia, Ukraina dan Belarusia tidak akan berlaku mulai 1 Januari 2023


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - LONDON. Perusahaan asuransi perkapalan bakal membatalkan perlindungan risiko perang di Rusia, Ukraina dan Belarusia mulai 1 Januari 2023. Hal tersebut menyusul dikeluarkannya wilayah itu oleh reasuransi, karena menghadapi kerugian besar.

Reasuransi, yang mengasuransikan perusahaan asuransi, biasanya memperbarui kontrak 12 bulanĀ  dengan klien asuransi pada 1 Januari. Hal itu memberi kesempatan pertama bagi perusahaan reasuransi untuk mengurangi paparan sejak perang di Ukraina dimulai, setelah tahun ini dilanda kerugian terkait konflik dan dari Badai Ian di Florida.

Klub P&I (perlindungan dan ganti rugi) Amerika, Utara, Inggris, dan Barat tidak lagi dapat menawarkan perlindungan risiko perang untuk kewajiban di wilayah tersebut mulai 1 Januari, kata perusahaan asuransi dalam pemberitahuan baru-baru ini di situs web mereka.

Perusahaan yang berada di klub tersebut adalah salah satu perusahaan asuransi P&I terbesar yang mencakup sekitar 90% kapal laut dunia.

Klub P&I Inggris mengatakan pada 23 Desember bahwa masalah tersebut muncul karena kurangnya ketersediaan reasuransi untuk reasuransi, juga dikenal sebagai retrosesi.

"Reasuransi Klub tidak lagi dapat mengamankan reasuransi untuk paparan risiko perang terhadap risiko teritorial Rusia, Ukraina atau Belarusia," katanya.

Baca Juga: Perusahaan Jepang Berhenti Mengasuransikan Kapal di Semua Perairan Rusia

American P&I mengatakan pada 23 Desember bahwa mereka telah menerima "pemberitahuan pembatalan" untuk wilayah tersebut dari reasuransi risiko perangnya dan sebagai akibatnya membatalkan asuransinya sendiri.

Kapal biasanya memiliki asuransi P&I, yang mencakup klaim tanggung jawab pihak ketiga termasuk kerusakan dan cedera lingkungan. Kebijakan lambung dan mesin yang terpisah melindungi kapal dari kerusakan fisik.

Pergerakan oleh perusahaan asuransi akan mempersulit pemilik kapal atau penyewa untuk menemukan asuransi, menaikkan harga dan mungkin berarti beberapa kapal berlayar tanpa asuransi, kata sumber industri.

Penyedia reasuransi dan retrosesi termasuk pemain global Hannover Re, Munich Re dan Swiss Re, serta sindikat di pasar Lloyd's of London. Perusahaan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Reuters melaporkan awal bulan ini bahwa klausul kontrak yang diusulkan diedarkan oleh reasuransi mengecualikan klaim terkait perang untuk pesawat dan kapal di Ukraina, Rusia dan Belarusia.

Pemerintah Jepang telah mendesak perusahaan asuransi untuk mengambil risiko tambahan untuk terus memberikan asuransi perang laut untuk pengirim gas alam cair (LNG) di perairan Rusia, kata seorang pejabat senior di kementerian industri minggu ini.




TERBARU

[X]
×