kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Perusahaan Hongaria MOL berniat caplok saham Chevron senilai US$ 2 miliar


Kamis, 10 Oktober 2019 / 19:49 WIB

Perusahaan Hongaria MOL berniat caplok saham Chevron senilai US$ 2 miliar
ILUSTRASI. Logo Chevron

KONTAN.CO.ID - LONDON. Perusahaan energi Hongaria MOL menyatakan tengah dalam pembicaraan untuk megakuisisi saham Chevron di ladang minyak raksasa. Tepatnya di kawasan Azerbaijan, dengan harga yang ditawarkan sebesar US$ 2 miliar, menurut sumber Reuters, Kamis (10/10).

Chevron dan pesaingnya dari Amerika Serikat (AS), Exxon Mobil memang sedang berupaya melepas saham mereka di ladang Azeri-Chirag-Gunashli (ACG) yang dioperasikan BP di Laut Kaspia. Hal ini tentunya menandakan bahwa AS telah mundur dari kawasan negara Asia tengah setelah 25 tahun ekspansi, yang disebabkan oleh AS yang ingin fokus melakukan produksi di dalam negeri.

MOL pada awalnya tertarik untuk mencaplok saham kedua perusahaan minyak, namun belakangan pihaknya hanya mengajukan penawaran untuk kepemilikan saham 9,57% di Chevron, menurut artikel yang dimuat Reuters. Sayangnya, baik Chevron dan MOL menolak berkomentar mengenai perihal tersebut.

Baca Juga: Chevron akuisisi 40% saham unit usaha Shell

Diskusi ini terjadi ketika Pemerintah Hongaria dan Perdana Menteri Viktor Orban berusaha untuk mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara di Asia Tengah. Exxon juga terus mencari pembeli untuk 6,8% sahamnya di lapangan. Proses penjualan kini tengah dijalankan oleh Bank of America Merrill Lynch (BAML). 

"Exxon Mobil menguji minat pasar untuk aset produksi yang tidak dioperasikan di wilayah Azerbaijan. Kami terus menerus meninjau aset kami untuk kontribusinya dalam memenuhi kebutuhan operasi perusahaan, tujuan keuangan dan potensi lain," ujar Juru Bicara Exxon, Julie King.

Baca Juga: Chevron gagal mengakusisi Andarko Petroleum Corp

Dalam sebuah presentasi awal tahun ini, MOL mengatakan sedang berusaha untuk mempertahankan produksi 110.000 barel-130.000 barel minyal per hari hingga 2023 sambil menambahkan 350 juta barel cadangan minyak dan gas dalam periode yang sama. 

Produksi minyak dan gas hulu MOL, difokuskan di Kroasia dan Hongaria, yang merupakan 64% dari total produksi. Ini juga memiliki produksi di wilayah Laut Utara, Irak dan Rusia.


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan

Tag
Terpopuler

Close [X]
×