Perusahaan Warren Buffett Diizinkan Membeli Hingga 50% Saham Occidental

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 06:22 WIB Sumber: Reuters
Perusahaan Warren Buffett Diizinkan Membeli Hingga 50% Saham Occidental

ILUSTRASI. Perusahaan Warren Buffett Diizinkan Membeli Hingga 50% Saham Occidental


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Lembaga regulator energi AS pada Jumat memberi Berkshire Hathaway Inc, perusahaan yang dikendalikan miliarder Warren Buffett, izin untuk membeli hingga 50% saham biasa perusahaan minyak Occidental Petroleum Corp.

Keputusan tersebut mendorong harga saham Occidental melonjak 9,9%, sehingga ditutup naik sebesar US$ 6,41 ke level US$ 71,29, setelah Federal Energy Regulatory Commission (FERC) mengatakan membiarkan Berkshire menambah 20,2% sahamnya.

Berkshire telah mengajukan untuk meningkatkan kepemilikannya pada 11 Juli, dengan mengatakan itu tidak akan merugikan persaingan, melemahkan otoritas regulasi, atau meningkatkan biaya bagi konsumen.FERC mengatur transmisi listrik, gas alam dan minyak antar negara bagian.

Harga saham Occidental yang berbasis di Houston telah meningkat lebih dari dua kali lipat tahun ini, diuntungkan dari kenaikan harga minyak setelah invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina. Berkshire mulai membeli saham Occidental empat hari kemudian

Baca Juga: Warren Buffett Punya Nasihat Jitu untuk Mereka yang Belum Berani Investasi

Konglomerat Buffett yang berbasis di Omaha, Nebraska juga memiliki US$ 10 miliar saham preferen Occidental, yang membantu membiayai pembelian Anadarko Petroleum Corp pada 2019, dan memiliki waran untuk membeli 83,9 juta saham biasa lainnya senilai US$ 5 miliar.

Berkshire juga mengakhiri bulan Juni lalu dengan kepemilikan US$ 23,7 miliar di perusahaan minyak yang lebih besar, Chevron Corp.

"Buffett mengambil keuntungan dari pelaku pasar saham yang bodoh tentang industri minyak dan gas dan menganggapnya sebagai bisnis yang mati," kata Cole Smead, presiden Smead Capital Management Inc di Phoenix, yang memiliki saham Occidental dan Berkshire. "Buffett berpikir itu bisa membuatnya kaya."

Berkshire tidak segera menanggapi permintaan komentar yang dikirim ke asisten Buffett.

Juru bicara Occidental Eric Moses mengatakan batas kepemilikan yang lebih tinggi "diperlukan" karena perusahaan memiliki aset yang tunduk pada peraturan FERC. Dikatakan batas sebelumnya adalah 25%.

Baca Juga: Cobalah Saran Warren Buffett Ini Jika Masih Takut Berinvestasi

Otorisasi FERC tidak mengharuskan Berkshire untuk membeli saham Occidental.

Beberapa investor dan analis tetap mengatakan Berkshire pada akhirnya dapat membeli Occidental, mendiversifikasi portofolio energi yang mencakup beberapa utilitas, distributor listrik, dan proyek pembangkit listrik terbarukan termasuk angin.

Buffett menyelesaikan salah satu akuisisi terbesarnya, pembelian kereta api BNSF senilai $26,5 miliar, pada 2010 setelah Berkshire mengumpulkan 22,6% saham.

Analis Morningstar Greggory Warren mengatakan dia lebih menyukai Occidental sebagai anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya di bawah payung Berkshire karena hal itu akan mengurangi biaya Occidental untuk mengakses modal, dan mengurangi eksposur terhadap volatilitas pasar komoditas.

Baca Juga: Tetap Bullish pada Industri Energi, Ini Kutipan Terbaik Warren Buffett Soal Minyak

Analis minyak independen Paul Sankey menambahkan bahwa Occidental dapat mengambil manfaat dari kredit pajak yang diperluas untuk proyek penangkapan karbon yang termasuk dalam Undang-Undang Pengurangan Inflasi yang ditandatangani bulan ini oleh Presiden Joe Biden.

"Saya bisa melihatnya menganggap semuanya pribadi," kata Sankey, merujuk pada Buffett.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru