kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesaing TikTok, Kuaishou bidik dana US$ 5,4 miliar lewat IPO


Senin, 25 Januari 2021 / 13:44 WIB
Pesaing TikTok, Kuaishou bidik dana US$ 5,4 miliar lewat IPO
ILUSTRASI. Bursa saham China.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Meski pandemi Covid-19 masih mengancam dunia, perusahaan teknologi masih gencar menghelat penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO). Terbaru, Kuaishou Technology tengah berupaya mengumpulkan dana senilai US$ 5,4 miliar melalui IPO di pasar saham Hong Kong mengutip Bloomberg pada Senin (25/1).

Startup video pendek yang didukung oleh Tencent Holdings Ltd ini menjual 365 juta saham masing-masing seharga HK $ 105 hingga HK $ 115. Perusahaan akan mulai menerima pesanan investor dari Senin hingga 29 Januari dan dijadwalkan untuk terdaftar pada 5 Februari.  Morgan Stanley, Bank of America Corp. dan China Renaissance Holdings Ltd. adalah sponsor bersama dari kesepakatan tersebut.

Pesaing utama dari Tik Tok ini, bakal menjadi IPO perusahaan internet terbesar di dunia sejak penjualan saham Uber senilai US$ 8,1 miliar di AS pada Mei 2019, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. IPO startup China ini juga akan memberikan dorongan lain untuk pasar modal Hong Kong yang makin ramai pasca Budweiser Brewing Co. APAC Ltd berhasik mengumpulkan dana US $ 5,8 miliar lewat IPO hampir dua tahun lalu.

Baca Juga: Makin tegang, belasan pesawat militer China kembali masuk zona pertahanan Taiwan

Kuaishou, yang berarti 'tangan cepat' dalam bahasa China, adalah salah satu kisah sukses internet terbesar di China dalam dekade terakhir. Bersama dengan induk TikTok, ByteDance, perusahaan ini diciptakan bersama oleh Su Hua pada tahun 2013 memelopori streaming langsung dan format video ukuran sederhana yang sejak itu telah diadopsi di seluruh dunia oleh orang-orang seperti Facebook Inc.

Debut Kuaishou yang akan segera terjadi dapat menguji minat investor untuk sejauh ini. saingan yang lebih besar, yang terakhir bernilai US$ 180 miliar. Penawaran Kuaishou telah menarik 10 investor landasan, yang setuju untuk berlangganan senilai US$ 2,45 miliar saham, berdasarkan titik tengah kisaran yang dipasarkan. Daftar tersebut termasuk The Capital Group, Temasek Holdings Pte, GIC Pte, BlackRock Incm dan Abu Dhabi Investment Authority.

Para investor telah setuju untuk menahan saham selama enam bulan dengan imbalan alokasi awal yang terjamin. Valuasi Kuaishou bisa lebih dari dua kali lipat setelah IPO Hong Kong. Penetapan harga top-end akan memberi nilai pada perusahaan China pada US$ 60,9 miliar, naik dari US$ 28,6 miliar yang dicapai dalam putaran pendanaan tahun lalu, menurut Pitchbook. Bahkan pada kisaran harga terendah, Kuaishou masih akan bernilai US$ 55,6 miliar.

ByteDance telah lama menjadi kandidat IPO yang dikabarkan tetapi terhenti tahun lalu dalam melawan larangan AS pada TikTok setelah layanan video itu diberi label sebagai ancaman keamanan nasional. Raksasa media sosial itu sedang dalam diskusi untuk mengumpulkan US$ 2 miliar sebelum mendaftarkan beberapa bisnisnya di Hong Kong, Bloomberg News melaporkan pada bulan November.

Baca Juga: Joe Biden larang WNA dari 30 negara masuk Amerika

Kuaishou memiliki sekitar 262 juta rata-rata pengguna aktif harian pada September, menurut prospektusnya. Itu masih kurang dari setengah 600 juta di Douyin, TikTok versi China. Meskipun demikian, pendapatan Kuaishou naik 49% menjadi 40,7 miliar yuan (US$ 6,3 miliar) dalam sembilan bulan pertama tahun lalu, setelah meningkatkan upaya monetisasi melalui periklanan dan e-niaga.

Meskipun ia menawarkan akses gratis ke platform utamanya, startup ini mengambil sebagian tip yang diberikan pengguna kepada penyiar langsung favorit mereka yang melakukan tantangan viral, sinkronisasi bibir ke lagu-lagu pop terbaru, dan bermain video game.

Tencent memiliki sekitar 21,6% saham di Kuaishou, dan pendukung lainnya termasuk perusahaan modal ventura DCM, DST Global dan Sequoia Capital China, prospektus menunjukkan. Saham Tencent melonjak sebanyak 6,4% ke level tertinggi sepanjang masa dalam perdagangan Senin pagi di Hong Kong.

Selanjutnya: Bursa Asia naik, rencana stimulus AS mengimbangi lonjakan kasus Covid-19




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×