kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Petugas CIA laporkan gejala sindrom Havana dalam perjalanan ke India


Selasa, 21 September 2021 / 14:49 WIB
Petugas CIA laporkan gejala sindrom Havana dalam perjalanan ke India
ILUSTRASI. Lobi Gedung Markas Besar CIA di Langley, Virginia, AS pada 14 Agustus 2008. REUTERS/Larry Downing


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  WASHINGTON. Seorang perwira CIA yang bepergian dengan direktur agensi William Burns ke India bulan ini melaporkan gejala yang konsisten dengan sindrom Havana, CNN dan New York Times melaporkan pada Senin.

Korban, yang tidak disebutkan namanya, harus menerima perawatan medis, CNN melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Sekitar 200 pejabat AS dan anggota keluarga telah sakit oleh sindrom Havana, serangkaian penyakit misterius yang meliputi migrain, mual, gangguan ingatan, dan pusing. Ini pertama kali dilaporkan oleh pejabat yang berbasis di kedutaan AS di Kuba pada 2016.

Seorang juru bicara CIA mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Reuters bahwa badan tersebut tidak mengomentari insiden atau petugas tertentu. 

"Kami memiliki protokol ketika individu melaporkan kemungkinan insiden kesehatan anomali yang termasuk menerima perawatan medis yang tepat," kata juru bicara itu seperti dilansir Reuters, Selasa (21/9).

Baca Juga: CIA selidiki Sindrom Havana yang dialami ratusan anggotanya

Bulan lalu, Wakil Presiden Kamala Harris menunda kedatangannya ke Hanoi selama tiga jam setelah kedutaan AS di sana mengatakan seseorang telah melaporkan insiden kesehatan yang konsisten dengan sindrom Havana. 

Burns mengatakan pada Juli bahwa dia telah menunjuk seorang perwira senior yang pernah memimpin perburuan Osama bin Laden untuk mengepalai satuan tugas yang menyelidiki sindrom tersebut.

Sebuah panel National Academy of Sciences AS menemukan bahwa teori yang paling masuk akal adalah bahwa "energi frekuensi radio yang diarahkan dan berdenyut" menyebabkan sindrom tersebut.

Burns mengatakan ada "kemungkinan yang sangat kuat" bahwa sindrom tersebut sengaja disebabkan dan bahwa Rusia dapat bertanggung jawab.

Selanjutnya: Ratusan anggota CIA mengalami Sindrom Havana, apa itu?




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×