kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pfizer mendonasikan dosis vaksin COVID-19 bagi atlet Olimpiade


Rabu, 12 Mei 2021 / 14:34 WIB
Pfizer mendonasikan dosis vaksin COVID-19 bagi atlet Olimpiade
ILUSTRASI. Seorang wanita mengenakan yukata, atau kimono musim panas kasual, berjalan melewati cincin Olimpiade


Sumber: Al Jazeera | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jepang bersiap untuk menawarkan vaksinasi COVID-19 kepada sekitar 2.500 atlet Olimpiade dan staf pendukung, menggunakan suntikan yang disumbangkan untuk Olimpiade di tengah kemarahan publik atas lambatnya peluncuran vaksin negara itu.

Dengan waktu kurang dari tiga bulan hingga Olimpiade dimulai, Jepang sedang berjuang untuk menahan lonjakan kasus virus corona dan mayoritas penduduk menginginkannya dibatalkan atau ditunda untuk kedua kalinya.

Hanya sekitar 2,6% dari populasi Jepang yang telah divaksinasi pada saat ini, dan laporan bulan lalu bahwa atlet akan diprioritaskan memicu kemarahan di media sosial.

Namun minggu lalu, Pfizer Inc dan mitranya dari Jerman, BioNTech SE, mengatakan mereka akan mendonasikan dosis vaksin COVID-19 mereka melalui Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk membantu menyuntik atlet dan delegasi mereka yang berpartisipasi di Olimpiade dan Paralimpiade.

Pejabat di Komite Olimpiade Jepang dan komite Paralimpiade Jepang mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka saat ini menanyakan setiap federasi atletik berapa banyak orang yang ingin divaksinasi dan kapan ini harus dilakukan.

Baca Juga: Menjelang pelaksanaan, mayoritas warga Jepang masih ingin Olimpiade dibatalkan

"Pejabat kami mengatakan kami akan memastikan bahwa kami tidak menimbulkan masalah bagi seluruh penduduk," kata Miho Kuroda di Komite Paralimpiade Jepang.

Sebuah laporan di harian Yomiuri Shimbun mengatakan vaksinasi bisa dimulai paling cepat Juni, tetapi para pejabat mengatakan waktunya, serta rincian lainnya, seperti siapa yang akan memberikan suntikan, masih belum jelas.

Peraturan Jepang mengatakan hanya dokter atau perawat yang dapat memberikan suntikan, yang memperlambat peluncuran negara secara keseluruhan. 

IOC, penyelenggara di Jepang dan pemerintah Jepang telah berulang kali berjanji bahwa Olimpiade akan berlangsung sesuai jadwal dari 23 Juli-8 Agustus, meskipun kritik tetap merajalela baik di dalam maupun luar negeri.

Pada hari Selasa, esai New York Times berjudul "Acara Olahraga Seharusnya Tidak Menjadi Penyebar Luar Biasa" menyerukan agar Olimpiade dibatalkan. "Saatnya mendengarkan sains dan menghentikan sandiwara berbahaya itu," tambahnya.

Sementara Jepang terhindar dari kerusakan terparah akibat pandemi, 11.000 orang telah meninggal dan sistem medis telah sangat terganggu oleh gelombang terbaru negara itu. Tokyo mencatat 925 kasus baru pada hari Selasa.

Selanjutnya: Komite Olimpiade akan sediakan vaksin Covid-19 gratis untuk para atlet




TERBARU

[X]
×