kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PMI Manufaktur China kembali naik, aktivitas pabrik berkembang cepat di September


Rabu, 30 September 2020 / 09:49 WIB
PMI Manufaktur China kembali naik, aktivitas pabrik berkembang cepat di September
ILUSTRASI. Manufaktur China tumbuh pesat


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Aktivitas pabrik China berkembang lebih cepat pada bulan September dibantu oleh kembali tumbuhnya ekspor setelah beberapa bulan penjualan menyusut. Hal ini menjadi secercah harapan bagi pemulihan ekonomi yang stabil karena guncangan akibat pandemi virus corona.

Biro Statistik Nasional (NBS) melaporkan, Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur China pun resmi naik menjadi 51,5 pada bulan September dari 51,0 di Agustus lalu. Dengan posisinya yang tetap berada di atas angka 50 poin, maka ini menandakan adanya pertumbuhan. 

Posisi PMI Manufaktur China ini lebih baik dari proyeksi analis yang memprediksi kenaikan di level 51,2.

Baca Juga: Pergerakan bursa Asia beragam, investor menanti debat presiden AS

Sebuah survei swasta, juga dirilis pada hari itu, melukiskan gambaran serupa tentang sektor manufaktur yang mendapatkan momentum didukung oleh permintaan luar negeri yang lebih kuat.

Sektor industri China yang luas terus kembali ke level yang terlihat sebelum pandemi melumpuhkan sebagian besar ekonomi. PMI resmi, yang sebagian besar berfokus pada perusahaan besar dan milik negara, juga menunjukkan sub-indeks untuk pesanan ekspor baru berdiri di 50,8 pada bulan September. Lagi-lagi, posisi ini meningkat dari 49,1 pada bulan sebelumnya dan menghentikan penurunan delapan bulan.

Tanda-tanda permintaan luar negeri yang lebih kuat juga disorot dalam Indeks Manajer Pembelian (PMI) Manufaktur Caixin / Markit, yang lebih berfokus pada perusahaan kecil dan berorientasi ekspor. Ukurannya untuk pesanan ekspor baru naik pada laju tercepat dalam lebih dari tiga tahun.

"PMI resmi yang lebih tinggi untuk manufaktur dan non-manufaktur menunjukkan pemulihan pertumbuhan China berada di jalurnya," kata analis Nomura dalam komentar email kepada Reuters.

Baru-baru ini, indikator ekonomi mulai dari perdagangan hingga harga produsen semuanya menunjukkan peningkatan lebih lanjut di sektor industri. Keuntungan di perusahaan industri China memperpanjang pertumbuhan yang kuat pada Agustus hingga bulan keempat, data resmi menunjukkan pada hari Minggu.

Baca Juga: Output pabrik Jepang kembali naik untuk bulan ketiga berturut-turut

Permintaan domestik juga menunjukkan tanda-tanda perluasan, dengan hasil industri meningkat paling cepat dalam delapan bulan di bulan Agustus dan penjualan ritel tumbuh untuk pertama kalinya tahun ini.

PMI resmi juga menunjukkan aktivitas di sektor jasa China berkembang lebih cepat pada bulan September, karena permintaan di seluruh ekonomi terus pulih dari kemerosotan yang disebabkan oleh virus corona.

Selanjutnya: Perkuat hubungan dengan sekutu regional, Mike Pompeo kunjungi Asia Timur pekan depan




TERBARU

[X]
×