kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Powell tidak akan mengundurkan diri bahkan jika dipecat oleh Presiden Trump


Rabu, 10 Juli 2019 / 21:55 WIB
Powell tidak akan mengundurkan diri bahkan jika dipecat oleh Presiden Trump

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pada hari Rabu waktu setempat bahwa ia tidak akan mengundurkan diri dari jabatannya, bahkan jika Presiden Amerika Serikat Donald Trump memecatnya. Pernyataan Powell tersebut diucapkan saat memberikan testimoni di hadapan anggota Kongres Amerika Serikat.

Powell menyatakan hal tersebut saat ditanya oleh perwakilan Partai Demokrat yang juga ketua Komite Jasa Keuangan Kongres, Maxine Waters. "Jika Anda mendapat telepon dari presiden pada hari ini dan dia berkata, 'Saya memecat Anda. Silahkan berkemas dan pergilah. Apa yang akan Anda lakukan?" tanya Waters pada Powell seperti dikutip CNBC.

"Tentu saja saya tidak akan melakukan itu," jawab Powell.

Baca Juga: Ekspektasi pemangkasan suku bunga makin kuat pasca komentar Powell, dollar AS melemah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa hubungan Trump dan Powell tidaklah harmonis.Sudah berkali-kali Trump mengungkapkan keinginannya untuk memecat Powell karena kebijakan yang diambilnya dianggap tak sejalan dengan semangat pemerintahan AS yang tengah menggenjot pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam. 

Begitu pula dengan Powell yang ngotot untuk tetap mempertahankan kebijakan bank sentral meski kerap diserang sang kepala negara.

Sementara dalam testimoninya di hadap Kongres, Powell mengatakan bank sentral akan mengambil tindakan yang sesuai untuk mempertahankan ekspansi karena ada banyak risiko yang membebani prospek ekonomi AS pada saat ini. Mulai dari perang dagang hingga perlambatan ekonomi global.




TERBARU

Close [X]
×