kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Prabowo Pinjamkan Hercules TNI AU Bantu Pemerintah Turki Distribusikan Bantuan Gempa


Selasa, 14 Februari 2023 / 19:30 WIB
Prabowo Pinjamkan Hercules TNI AU Bantu Pemerintah Turki Distribusikan Bantuan Gempa
ILUSTRASI. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memerintahkan agar TNI AU meminjamkan pesawat angkut Hercules C-130 TNI AU kepada pemerintah Turki untuk mendistribusikan bantuan bagi korban gempa.


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memerintahkan agar pesawat angkut Hercules C-130 TNI AU diperbantukan kepada pemerintah Tukri untuk membantu penyaluran logistik ke lokasi gempa.

Hal ini disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal dalam pernyataan tertulis Selasa (14/2). 

"Beliau paham dalam situasi seperti ini masalah suplia logistik menjadi sangat kritis, dan beliau ingin Indonesia bisa membantu”, ujar Dubes RI Lalu M Iqbal. 

emerintah Indonesia resmi meminjamkan pesawat angkut Hercules C-130 TNI AU beserta awak pesawatnya kepada Pemerintah Turki untuk membantu distribusi logistik ke lokasi gempa. 

Pesawat Hercules C-130 datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama (12/2).

Penugasan pesawat Hercules C-130  tersebut diperpanjang masa untuk diperbantukan mengangkut logistik dari berbagai daerah di Turki ke wilayah yang terdampak gempa. 

Pesawat Hercules C-130 yang memiliki daya angkut 10 ton akan diperbantukan kepada pemerintah Turki hingga tanggal 20 Febaruri 2023 mendatang. 

Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal menyatakan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto yang memberikan perintah agar pesawat Hercules dan crews tersebut diperbantukan kepada pihak Turki untuk penanggulangan bencana gempa bumi. 

Menurut Dubes pihak Turki sangat berterima kasih atas bantuan ini, dan Indonesia adalah satu-satunya negara yang meminjamkan pesawat angkut kepada Pemerintah Turki.

Selama di Turki, pesawat TNI tersebut tersebut akan berbasis di Lanud Militer Turki Estimesgut, Ankara. 

Mission Commander Hercules C-130 TNI AU Kolonel Penerbang Wisoko menyatakan dirinya sudah langsung berkoordinasi dengan Operation Center Angkatan Udara Turki untuk mementukan jadwal, rute dan misi pesawat.

"Yang jelas, seluruh crew sudah sepenuhnya siap menjalankan misi kemanusiaan bagi saudara-saudara kami di Turki," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×