kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden akan lantik pejabat negara baru hari ini


Rabu, 15 Agustus 2018 / 08:25 WIB
Presiden akan lantik pejabat negara baru hari ini
ILUSTRASI. MenPAN-RB Asman Abnur


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo akan melantik pejabat negara hari ini, Rabu (15/8). Hal itu berkaitan dengan mundurnya Asman Abnur sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Rencananya, Presiden akan melantik pejabat negara yang dimaksud pada pukul 10.00 WIB di Istana Negara. Adapun posisi Asman itu akan digantikan oleh Komisaris Jenderal (Pol) Syafruddin.

Hal itu pun juga diakui Ketua DPR Bambang Soesatyo. "Saya baru mendapat kabar dari kantor besok (hari ini) pagi pukul 10.00 WIB ada undangan pelantikan," kata Bambang seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (14/8) malam.

Sekadar tahu saja, pergantian ini merupakan konsekuensi politik, lantaran partai politik (parpol) asal Asman yakni Partai Amanat Nasional (PAN), tidak lagi berkoalisi dengan pemerintah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, secara kinerja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menyatakan pemerintah sangat puas dengan apa yang dilakukan oleh Asman.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menyatakan, pergantian Asman sebagai Menteri PAN-RB murni karena PAN tidak ikut mengusung pasangan Jokowi-Maruf Amin dalam Pilpres 2019. Kendati begitu, baik Pramono maupun Puan tak menyebut siapa yang bakal mengisi posisi tersebut.

Asman memang telah menemui Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Selasa (14/8) pagi. Tujuannya untuk mengutarakan keinginannya untuk mundur dari kabinet.

Asman mengaku galau karena dia menduduki posisi menteri sebagai perwakilan dari PAN, sedangkan PAN dalam Pilpres 2019 mendatang dipastikan mendukung Prabowo Subianto -Sandiaga Uno.

Dia bilang pada kondisi saat ini, keberadaannya dalam kabinet menjadi beban politik bagi Presiden Jokowi. Kendati sudah menyatakan niatnya mundur, tapi Asman masih belum tahu kapan reshuffle kabinet ini akan dilakukan. Hanya saja, dia berharap, dalam waktu secepatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×