kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Pria terkaya India membeli Hamleys, toko mainan tertua dunia


Senin, 13 Mei 2019 / 07:09 WIB

Pria terkaya India membeli Hamleys, toko mainan tertua dunia

KONTAN.CO.ID - LONDON. Pria terkaya India, Mukesh Ambani membeli peritel Hamleys, pemilik toko mainan tertua dunia. Perusahaan Ambani, Reliance Brands Limited mengatakan telah menekan kesepakatan untuk membeli Hamleys dari pemilik lamanya, C Banner International.

C Banner merupakan perusahaan China yang mengakuisisi Hamley pada tahun 2015. Hamleys didirikan pada tahun 1760 dan merupakan ritel mainan tertua dunia. Hamleys memiliki 167 toko di 18 negara.


Reliance Industries telah mengoperasikan 88 toko Hamleys di 29 kota di India. "Akuisisi merek ikonik Hamleys di seluruh dunia merupakan mimpi lama yang terwujud," kata Darshan Mehta, CEO Reliance Brands Limited dalam pernyataan yang dikutip BBC.

Menurut data Forbes, Ambani yang berumur 62 tahun ini memiliki kekayaan sekitar US$ 50,7 miliar.

Tahun lalu, Hamleys mencatat rugi £ 9,2 juta. Hamleys mengatakan bahwa kerugian ini terjadi akibat Brexit dan ancaman terorisme. Hamleys membuka empat toko di Inggris, tapi menutup dua di antaranya.

Tapi, flagship store di Regent Street yang dibuka pada tahun 1881 terus beroperasi dan menjadi daya tarik utama kota London. Toko ini beroperasi di tujuh lantai dan menjual sekitar 50.000 item mainan.

 


Reporter: Ahmad Ghifari
Editor: Wahyu Rahmawati

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×