kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Produksi melorot, stok CPO Malaysia turun ke level terendah


Selasa, 10 Desember 2019 / 14:21 WIB
Produksi melorot, stok CPO Malaysia turun ke level terendah
ILUSTRASI. Seorang pekerja mengumpulkan buah sawit di sebuah pabrik pengolahan di Sepang, pinggiran Kuala Lumpur, 18 Februari 2014.

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Persediaan minyak kelapa sawit (CPO) Malaysia turun ke level terendah dalam tiga bulan terakhir pada November. Penyebabnya, penurunan musiman dalam produksi membatasi hasil produsen terbesar CPO kedua di dunia itu.

Dewan Minyak Sawit Malaysia (MPOB), Selasa (10/12), mengatakan, stok CPO negeri jiran bulan lalu turun 4,1% menjadi 2,26 juta ton dari bulan sebelumnya. Sementara survei Reuters memperkirakan cadangan minyak sawit Malayasia turun lebih dalam 5,7% jadi 2,22 juta ton.

"Data MPOB menunjukkan stok akhir yang lebih tinggi dari kebanyakan proyeksi," kata seorang trader yang berbasis di Kuala Lumpur kepada Reuters yang menambahkan, cadangan yang melimpah akan menyebabkan tekanan terhadap harga CPO. 

Baca Juga: Duh, Eropa kenakan pajak impor atas biodiesel Indonesia hingga 18%

MPOB menyebutkan, penjualan CPO Malaysia selama November merosot 14,4% menjadi 1,5 juta ton dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Sedang ekspor minyak sawit negeri Jiran melorot 14,6% jadi 1,4 juta ton. 

Untuk produksi di Desember, MPOB memperkirakan, turun 10,4% dari Oktober menjadi 1,61 juta ton. Begitu juga dengan ekspor yang melanjutkan penurunan sebesar 5,2% jadi 1,56 juta ton. 




TERBARU

Close [X]
×