kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,29   -29,44   -3.18%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek Uni Arab Saudi Terbaru, Gedung Kubus Raksasa Mirip Ka'bah


Selasa, 21 Februari 2023 / 07:07 WIB
Proyek Uni Arab Saudi Terbaru, Gedung Kubus Raksasa Mirip Ka'bah


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - RIYADH. Arab Saudi meluncurkan proyek baru dengan meluncurkan New Murabba Development Company. Pembangunan ini bertujuan untuk membangun pusat kota modern terbesar di dunia di ibu kota Kerajaan, Riyadh.

Mengutip Arab News, pusat mahkota dari pembangunan yang direncanakan adalah The Mukaab, yang berarti kubus dalam bahasa Arab. 

Bangunan ini memiliki tinggi 400 meter, lebar 400 meter, dan panjang 400 meter. Pihak pengembang mengatakan, struktur tersebut akan menjadi bangunan dalam kota terbesar di dunia. Bentuknya seperti kubus mengingatkan kita pada bentuk Ka'bah di Mekah.

Di dalam kubus raksasa ini, yang bagian luarnya akan terinspirasi oleh gaya arsitektur tradisional Najdi di kawasan itu, akan menjadi tujuan imersif pertama di dunia — dibuat melalui teknologi digital dan virtual dengan holografi terbaru.

Struktur ini akan menampung ruang lantai seluas 2 juta meter persegi dan perhotelan premium yang mencakup atraksi ritel, budaya dan wisata, unit perumahan, ruang komersial, dan fasilitas rekreasi.

Baca Juga: Putra Mantan PM Qatar Ajukan Penawaran Beli Manchester United

“Ada kecenderungan di antara pengamat Barat dan Arab untuk mengabaikan proyek semacam itu, menggambarkannya sebagai tindakan bodoh, dan hasil dari orang-orang yang memiliki terlalu banyak uang,” kata Yasser Elsheshtawy, asisten profesor arsitektur di Universitas Columbia, New York dan sesama non-residen di Arab Gulf States Institute di Washington, kepada Arab News.

“Tapi jika kita melihatnya secara objektif, itu jauh lebih dari itu. Setelah terlibat dengan salah satu tim yang diundang untuk bersaing dalam proyek tersebut, saya dapat membuktikan bahwa ada pemikiran serius yang terlibat dalam skema semacam itu," urainya.

Pertama, ini akan memberikan pengalaman unik dan belum pernah terjadi sebelumnya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi terbaru dalam realitas virtual. Pengunjung yang memasuki Mukaab akan menemukan berbagai proyeksi lanskap, yang juga akan terlihat dari apartemen yang terdiri dari menara spiral di tengah kubus.

Baca Juga: Inilah Biaya yang Dibayar Langsung oleh Jemaah Haji 2023

“Selain itu, itu akan memberi Riyadh ikon unik yang akan membuat kota ini langsung dikenali di antara kota-kota dunia lainnya, mirip dengan Menara Eiffel atau Gedung Opera Sydney," tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×