kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PSBB Jakarta berlaku lagi, perhatikan 8 saran WHO berikut untuk cegah virus corona


Senin, 14 September 2020 / 13:29 WIB
PSBB Jakarta berlaku lagi, perhatikan 8 saran WHO berikut untuk cegah virus corona
ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaparkan teknis pelaksanaan PSBB Jakarta, Minggu (13/9/2020).


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberlakukan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar atawa PSBB mulai hari ini, Senin (14/9). Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO punya 8 anjuran utama untuk mencegah penularan virus corona baru.

Pemberlakuan kembali PSBB Jakarta menyusul terus meningkatnya angka infeksi di wilayah Ibu Kota RI dalam sepekan terakhir. Maka dari itu, semua warga tetap harus mematuhi sejumlah protokol kesehatan termasuk pedoman dari WHO.

Harapan akan kehadiran vaksin memang mulai muncul dari berbagai negara dan perusahaan farmasi, termasuk yang bekerja sama dengan WHO. Tapi, sampai saat ini belum ada calon vaksin yang secara resmi dinyatakan efektif untuk menangkal virus corona.

Banyak negara memprediksikan, vaksin virus corona baru akan selesai pada akhir tahun ini. Sementara distribusinya baru bisa dimulai pada awal tahun depan.

Baca Juga: Pengobatan tradisional jadi rahasia China melawan ganasnya Covid-19

Di tengah ketidapastian ini, WHO secara rutin menyampaikan kepada seluruh penduduk dunia untuk tetap menjaga diri di segala kondisi. Melalui situs resminya, WHO juga sudah menyampaikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi potensi penularan Covid-19.

8 Saran WHO untuk mencegah penularan virus corona

Nah, berikut 8 saran dari WHO untuk mencegah penularan virus corona:

1. Bersihkan tangan secara teratur dan menyeluruh dengan antiseptik berbasis alkohol atau dengan sabun dan air. Mencuci tangan dengan bahan pembersih tersebut bisa membunuh virus yang mungkin menempel di tangan Anda.

2. Menjaga jarak dengan orang lain setidaknya sejauh 1 meter. Hal ini untuk mencegah terkena cipratan cairan yang keluar dari mulut orang lain saat batuk, bersin, maupun berbicara. Cairan yang keluar dari tubuh ini berpotensi membawa virus corona dan dapat menular jika ikut terhirup ke dalam saluran pernapasan.

3. Sebisa mungkin hindari pergi ke tempat keramaian. Saat datang ke keramaian, ada potensi untuk bertemu dengan orang yang membawa virus. Di tempat yang padat seperti itu, akan sulit menjaga jarak 1 meter yang seharusnya dipatuhi.

Baca Juga: Fakta menarik, separuh warga Jepang justru merasa lebih sehat sejak pandemi




TERBARU

[X]
×