kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Putin: Dua vaksin Rusia efektif lebih dari 90% mencegah virus corona


Selasa, 10 November 2020 / 19:09 WIB
Putin: Dua vaksin Rusia efektif lebih dari 90% mencegah virus corona
ILUSTRASI. Presiden Rusia Vladimir Putin saat melakukan konferensi video dengan anggota Dewan Keamanan di Moskow, Rusia, 6 November 2020.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Tak mau kalah dengan Pfizer dan BioNTech, Presiden Vladimir Putin pada Selasa (10/11) mengatakan, dua vaksin buatan Rusia efektif mencegah virus corona baru.

Reuters mengutip kantor berita RIA melaporkan, menurut Putin, Rusia akan segera mendaftarkan vaksin virus corona yang ketiga.

Rusia meluncurkan Sputnik V, vaksin pertama yang terdaftar, untuk penggunaan dalam negeri, meskipun uji coba tahap akhir belum selesai. 

Dan, Putin bilang, Sputnik V lebih dari 90% efektif, menyusul pengumuman Pfizer dan BioNTech sehari sebelumnya yang mengatakan keefektifan yang sama pada kandidat vaksin mereka.

Vaksin kedua Rusia yang terdaftar adalah Vektor.

Baca Juga: Tonggak penting, vaksin Pfizer terbukti lebih dari 90% efektif cegah virus corona

Vaksin Covid-19 Sputnik-V

Rusia siap bekerja dengan semua negara

"Sudah ada dua vaksin terdaftar. Dan, penelitian telah menunjukkan dan menegaskan, pertama, vaksin ini aman dan tidak memiliki efek samping serius setelah digunakan. Kedua, semuanya efektif," kata Putin melalui konferensi video dalam pertemuan puncak Cooperation Organization (SCO) di Shanghai, China.

Kemanjuran vaksin Rusia, Putin mengungkapkan, berdasarkan pada data yang dikumpulkan dari vaksinasi publik, bukan dari uji klinis yang sedang berlangsung.

Putin menyebutkan, Moskow siap bekerjasama dalam vaksin virus corona dan setuju dengan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan bahwa harus tersedia secara luas untuk semua umat manusia.

"Kami menyarankan untuk tidak mempolitisasi proses-proses ini, mengingat orang-orang di seluruh dunia saat ini membutuhkan obat-obatan ini, tanpa berlebihan," ujarnya seperti dilansir TASS.

"Kami siap bekerja dengan semua negara di dunia, dan tentu saja, dengan mitra kami dalam kerangka SCO," tegas Putin.

Selanjutnya: Bisa bertahan setahun, efek perlindungan vaksin corona Pfizer-BioNTech




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×