kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raja Charles Bersumpah Mengikuti Teladan Ratu Saat Diproklamirkan Sebagai Raja


Sabtu, 10 September 2022 / 22:39 WIB
Raja Charles Bersumpah Mengikuti Teladan Ratu Saat Diproklamirkan Sebagai Raja
Raja Inggris Charles III dan Ratu Camilla menghadiri Dewan Aksesi di Istana St James, di mana ia secara resmi dinyatakan sebagai raja baru Inggris, setelah kematian Ratu Elizabeth II, di London, Inggris 10 September 2022. Jonathan Brady/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  LONDON. Raja Charles pada Sabtu 10 September 2022 berjanji untuk mengikuti teladan mendiang ibunya saat ia secara resmi dinyatakan sebagai raja baru Inggris dalam sebuah upacara yang menampilkan arak-arakan, tradisi berusia berabad-abad, tiupan terompet, dan teriakan "God Save the King ".

Kematian Ratu Elizabeth yang berusia 96 tahun pada hari Kamis setelah 70 tahun di atas takhta diatur dalam rencana lama dan sangat koreografi untuk hari berkabung nasional dan pemakaman kenegaraan yang akan diadakan hanya dalam waktu seminggu.

Charles, 73 tahun, segera menggantikan ibunya tetapi Dewan Aksesi bertemu di St James, istana kerajaan paling senior di Inggris yang dibangun untuk Henry VIII pada 1530-an untuk menyatakan dia sebagai raja pada hari Sabtu.

Baca Juga: Ucapkan Selamat, Putin Harap Raja Charles III Sukses, Sehat dan Semua yang Terbaik

Dewan dibentuk dari Penasihat Penasihat yang perannya selama berabad-abad adalah untuk menasihati raja, termasuk putranya dan pewaris William, istri Camilla dan perdana menteri baru Inggris, Liz Truss, yang menandatangani proklamasi aksesinya.

Enam mantan perdana menteri, uskup senior, dan sejumlah politisi meneriakkan "God Save The King" saat pengumuman itu disetujui.

"Saya sangat menyadari warisan besar ini dan tugas dan tanggung jawab berat Kedaulatan yang sekarang telah diserahkan kepada saya," kata Charles.

"Dalam mengambil tanggung jawab ini, saya akan berusaha untuk mengikuti contoh inspiratif yang telah saya berikan dalam menegakkan pemerintahan konstitusional dan untuk mencari perdamaian, harmoni dan kemakmuran masyarakat pulau-pulau ini dan wilayah Persemakmuran dan wilayah di seluruh dunia," ujar Raja Charles.

Baca Juga: Wafatnya Ratu Elizabeth II Menandai Akhir dari Sebuah Era di Inggris dan Dunia

Kemudian, di Galeri Proklamasi, sebuah balkon di atas Friary Court of St James's Palace, Garter King of Arms, David White, ditemani oleh orang lain dengan pakaian heraldik emas dan merah membacakan Proklamasi Utama, saat terompet dibunyikan.

Tentara dengan seragam tradisional merah meneriakkan "hip, hip, hurrah"  saat White menyerukan tiga sorakan untuk raja.

Yang menyaksikan adalah beberapa ratus orang yang diizinkan masuk ke pengadilan, termasuk anak-anak kecil di pundak orang tua, seorang wanita yang memegang bunga dan orang tua dengan skuter mobilitas. Banyak yang mengabadikan momen tersebut di smartphone mereka.




TERBARU

[X]
×