Raja Charles III Gantikan Ratu Elizabeth II, Ini Profil & Urutan Raja Inggris Terbaru

Sabtu, 10 September 2022 | 09:50 WIB Sumber: Kompas.com
Raja Charles III Gantikan Ratu Elizabeth II, Ini Profil & Urutan Raja Inggris Terbaru

ILUSTRASI. Raja Charles III Gantikan Ratu Elizabeth II, Ini Profil & Urutan Raja Inggris Terbaru


KONTAN.CO.ID - London. Pangeran Charles resmi naik takhta menjadi raja kerajaan Inggris setelah ibundanya, Ratu Elizabeth II, wafat pada Kamis (8/9/2022). Gelar Pangeran Charles pun berubah menjadi Raja Charles III. Berikut profil lengkap Raja Charles III.

Raja Charles III adalah anak pertama dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Raja Charles III lahir di Istana Buckingham di London, 14 November 1948.

Saat berusia tiga tahun, Raja Charles III sudah menjadi ahli waris lantaran ibunya naik takhta sebagai ratu menggantikan Raja George VI yang meninggal dunia. Tak heran, setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth pada 8 September 2022, Charles secara otomatis naik takhta sebagai raja Britania Raya dan Kerajaan Persemakmuran lainnya.

Meskipun Raja Charles III menjadi ahli waris takhta, hal itu tidak membuat Pangeran William secara otomatis menjadi Pangeran Wales. Pangeran William mewarisi gelar ayahnya Duke of Cornwall, sedangkan Kate sekarang bergelar Duchess of Cornwall and Cambridge.

Adapun gelar baru untuk istri Charles, Camilla, adalah Permaisuri sebagaimana istilah yang digunakan untuk pasangan raja.

Baca Juga: Inilah Urutan Penerus Tahta Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II Wafat

Pendidikan Raja Charles III

Raja Charles III memilih untuk bersekolah ketimbang menerima bimbingan belajar bersama guru privat di rumah istana keluarga. Keputusannya itu membuat Raja Charles III kecil menjadi satu-satunya ahli waris takhta Kerajaan Inggris pertama yang mendapat pendidikan formal.

Pada 7 November 1956, Raja Charles III memulai pendidikannya di sekolah Hill House, London. Di sekolah, Raja Charles III diperlakukan selayaknya siswa pada umumnya.

Raja Charles III kecil tidak diistimewakan oleh pendiri dan kepala sekolah, Stuart Townsend. Raja Charles III juga pernah menimba ilmu di dua eks sekolah ayahnya, Cheam Preparatory School di Berkshire, Inggris pada 1958, dan Gordounstoun di Skotlandia pada 1962.

Di usianya yang menginjak remaja, Raja Charles III lagi-lagi mendobrak tradisi kerajaan dengan melanjutkan jenjang pendidikan ke universitas, alih-alih bergabung dengan Angkatan Bersenjata Inggris.

Pada 1970, Raja Charles III lulus dari Universitas Cambridge dengan gelar Bachelor of Arts dan menjadi ahli waris pertama yang mendapatkan gelar universitas Master of Arts. Kendati demikian, Raja Charles III kemudian menjalankan tradisi kerajaan dengan bergabung ke Royal Air Force, Royal Navy, dan Royal Naval Air Station.

Asmara Raja Charles III

Pada 1981, Raja Charles III menikahi Lady Diana Spencer yang menjadi Putri Wales. Pasangan itu memiliki dua putra, yaitu William dan Harry yang berada di urutan kedua dan keenam ahli waris takhta.

Dalam biografi 1994 berjudul Prince of Wales karya Jonathan Dimbleby yang disahkan oleh Charles, ia mengungkapkan bahwa dirinya merasa ditekan oleh ayahnya untuk menikahi Diana. Raja Charles III juga mengaku tidak pernah jatuh cinta Kepada Diana.

Mengacu pada buku itu, Raja Charles III mulai berselingkuh dengan Camilla Parker Bowles pada 1986. Keduanya bertemu di pertandingan polo beberapa tahun sebelumnya.

Pada 1992, Charles dan Diana setuju untuk berpisah. Lalu empat tahun kemudian, 1996, keduanya resmi bercerai.

Sebuah biografi 1992 tentang Putri Wales, Diana: Her True Story, di mana dia berkolaborasi dengan penulis, Andrew Morton, mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang pernikahan yang bermasalah itu. Dalam buku tersebut, Diana sempat merasa cemburu dan curiga atas romansa Charles dan kehadiran Camilla sebagai "orang ketiga" dalam hubungan mereka. Pada 1997, Diana tewas dalam kecelakaan mobil di Paris.

Menikahi Camilla

Pada 2005, Charles memutuskan untuk menikahi Camilla (75) yang kemudian dikenal sebagai Duchess of Cornwall. Pasangan itu tinggal bersama di Clarence House yang merupakan kediaman kerajaan Inggris di The Mall di London.

Namun, mereka diperkirakan akan pindah ke Istana Buckingham sekarang karena dia adalah raja. Charles dan Camilla juga diharapkan dimahkotai secara berdampingan sesuai permintaan Elizabeth.

Kegiatan sosial Raja Charles III

Sebagai Pangeran Wales terlama, Raja Charles III telah memelopori sejumlah inisiatif dan pekerjaan amal selama bertahun-tahun. Salah satunya, ia memulai inisiatif pada 2007 yang disebut "Mosaik". "Mosaik" menawarkan program pendampingan kepada orang-orang muda yang tumbuh di komunitas yang kekurangan.

Raja Charles III juga meluncurkan "Kampanye untuk Wol" pada 2010 untuk mempromosikan kesadaran masyarakat akan manfaat lingkungan dari wol dan memperluas pasar bagi peternak domba Inggris untuk memenuhi kebutuhan.

Tak hanya itu, Raja Charles III ikut mengambil peran dalam berbagai olahraga termasuk pacuan kuda, berlayar, dan scuba diving. Dia bahkan mengumpulkan uang untuk amal dengan bermain polo hingga akhir 2004 ketika dia akhirnya memutuskan untuk pensiun dari permainan setelah bermain selama lebih dari 40 tahun.

Di waktu luangnya, Raja Charles III gemar melukis. Litografi karya seninya akan dijual dan semua hasilnya disumbangkan ke Yayasan Amal Pangeran Wales.

Raja Charles III juga suka berkebun dan menanam tanaman pagar, terutama di kebun organiknya di Highgrove House, kediamannya di dekat Tetbury di Gloucestershire.

Urutan raja dan ratu kerajaan Inggris

Setelah Raja Charles III naik tahta, suksesi monarki kerajaan Inggris pun berupah. Berikut urutan calon raja-raja Inggris di masa mendatang.

  1. Pangeran William, putra tertua Charles dan mendiang Putri Diana, yang menikah dengan Kate, Duchess of Cambridge. Ketiga anak mereka mengikutinya dalam garis suksesi
  2. Pangeran George dari Cambridge, lahir pada Juli 2013
  3. Putri Charlotte dari Cambridge, lahir pada Mei 2015
  4. Pangeran Louis dari Cambridge, lahir pada April 2018
  5. Pangeran Harry, putra bungsu Charles dan Diana
  6. Archie Mountbatten-Windsor, lahir dari pasangan Harry dan Meghan, Duchess of Sussex, pada Mei 2019
  7. Lilibet Mountbatten-Windsor, lahir pada Juni 2021
  8. Pangeran Andrew, putra sulung Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip
  9. Putri Beatrice, putri sulung Andrew dan mantan istrinya,
  10. Sarah Ferguson Sienna Elizabeth, putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi, lahir pada September 2021
  11. Putri Eugenie, putri bungsu Andrew dan Ferguson
  12. August Brooksbank, lahir dari pasangan Eugenie dan James Brooksbank pada Februari 2021
  13. Pangeran Edward, anak bungsu Ratu Elisabeth II dan Pangeran Philip James,
  14. Viscount Severn, anak bungsu Edward dan istrinya Sophie, Countess of Wessex
  15. Lady Louise Mountbatten-Windsor, putri Edward dan Sophie

Itulah profil Raja Charles III dan urutan terbaru calon raja dan ratu Kerajaan Inggris periode mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Profil Raja Charles III, Ahli Waris Takhta Ratu Elizabeth II", dan "Ini Urutan Terbaru Ahli Waris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Ratu Elizabeth II Wafat",

Penulis : Alinda Hardiantoro, Tito Hilmawan Reditya
Editor : Inten Esti Pratiwi, Tito Hilmawan Reditya

 

 

Editor: Adi Wikanto

Terbaru