kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raja waralaba resto cepat saji dan properti dari Filipina (1)


Kamis, 18 Juli 2019 / 09:25 WIB
Raja waralaba resto cepat saji dan properti dari Filipina (1)


Reporter: Ahmad Ghifari, Rizki Caturini | Editor: Tri Adi

Kisah sukses seorang miliarder yang berasal dari keluarga sederhana juga berlaku bagi cerita kehidupan Tony Tan Caktiong. Berasal dari keluarga imigran miskin dari China ke Filipina, Caktiong bekerja membantu keluarga menjalankan restoran keluarga sejak kecil. Ini mengasah kemampuan Caktiong menjadi pengusaha ketika dewasa. Lewat perusahaan Jollibee Foods Corporation, ia berhasil mengembangkan waralaba makanan cepat saji terbesar di Filipina.

BerasalĀ  dari sosok sederhana hingga berhasil mencapai puncak dunia bisnis. Itulah kalimat yang mungkin bisa meringkas kisah Tony Tan Caktiong, Presiden dan Chief Executive Officer (CEO) Jollibee Foods Corporation, jaringan restoran cepat saji terbesar di Filipina.

Lahir dari keluarga miskin yang bermigrasi dari China tenggara ke Filipina untuk mencari kehidupan yang lebih baik, Caktiong telah terlibat dalam bisnis restoran sejak usia dini ketika ayahnya membuka sebuah restoran. Usaha restoran keluarga yang dijalankan secara bahu membahu dari semua anggota keluarga memungkinkan Caktiong menempuh pendidikan yang layak hingga universitas.

Namun, aktivitas berdagang yang sudah biasa ia jalani sejak kecil membuat Caktiong menjajal bisnis sendiri di usia 22 tahun. Kala itu Caktiong mengambil peluang waralaba salah satu gerai es krim. Ini menjadi awal perjalanan kariernya sebagai pengusaha yang dimulai pada akhir tahun 1970-an.

Caktiong membangun bisnis sendiri dengan menjual makanan cepat saji bertajuk Jollibee. Ini mengantarkan Caktiong menjadi miliarder ke 529 versi majalah Forbes pada tahun 2019. Sementara di Filipina dia menjadi orang terkaya keenam dalam daftar 50 orang tajir di Filipina pada tahun 2018. Pria berusia 66 tahun ini memiliki kekayaan sebesar US$ 3,7 miliar per Juli 2019.

Lewat perusahaan berbendera Jollibee Foods Corporation, merek bisnis Jollibee berkembang menjadi rantai makanan cepat saji terkemuka di Filipina dengan lebih dari 50% pangsa pasar dan ratusan restoran di seluruh penjuru Filipina.




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×