kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Real Madrid Masih Menjadi Tim Sepakbola Termahal Dunia


Sabtu, 25 Mei 2024 / 04:50 WIB
Real Madrid Masih Menjadi Tim Sepakbola Termahal Dunia
ILUSTRASI. Real Madrid


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - Nilai klub sepakbola paling mahal di dunia mengalami peningkatan. Peningkatan ini nampak dari nilai kekayaan rata-rata tim sepakbola yang kini berada di US$ 2,3 miliar. Angka ini meningkat 5,1% dibanding tahun lalu. Sementara itu, total pendapatan tim sepakbola naik 3% dan dan pendapatan operasional meningkat 57%. Menurut hitungan Forbes, Real Madrid masih menjadi tim sepakbola dengan valuasi paling mahal di dunia. Ini tahun ketiga berturut-turut bagi tim ini. 

Kelompok 30 tim sepakbola paling mahal di dunia kini memiliki kekayaan rata-rata US$ 2,3 miliar. Menurut data yang dihimpun Forbes, nilai kekayaan tersebut 5,1% lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu. 

Sementara itu, total pendapatan 30 tim sepakbola pada posisi teratas mencapai rata-rata US$ 397 juta atau 3% lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Pendapatan operasional rata-rata mencapai US$ 36 juta, meningkat 57% dari tahun sebelumnya. 

Baca Juga: Maybank Luncurkan Kartu Kredit Manchester United

Forbes pada Kamis (23/5) menjelaskan, peringkat tim dihitung dari nilai kekayaan yang berasal jumlah total pendapatan dan pendapatan operasional untuk musim 2022-2023, dikonversi ke kurs dollar Amerika Serikat (AS) berdasarkan nilai tukar rata-rata selama musim tersebut.  Forbes juga menghitung nilai ekuitas ditambah utang bersih serta keekonomian stadion tim, berdasarkan nilai transaksi, mengecualikan nilai real estate itu sendiri. 

Real Madrid masih menduduki posisi puncak tim sepakbola dengan nilai kekayaan tertinggi, sebesar US$ 6,6 miliar. Selama tiga tahun berturut-turut, Real Madrid berada di posisi ini. Ini juga menjadi kedelapan kalinya Real Madrid berada di posisi nomor satu dalam 11 tahun terakhir. 

Real Madrid menghasilkan pendapatan terbanyak tahun lalu, dengan nilai US$ 873 juta di antara 30 tim teratas. Pendapatan ini juga ditopang oleh performa tim yang tak tertandingi di lapangan. Sejak tahun 2014, Real Madrid telah memenangkan 14 gelar internasional, termasuk lima trofi Liga Champions, empat Piala Super Eropa, dan empat Piala Dunia Antarklub. 

Baca Juga: Miliader RI di Panggung Sepak Bola Eropa

Real Madrid juga bisa menambah gelar Liga Champions lagi jika mereka mengalahkan Borussia Dortmund pada 1 Juni di Stadion Wembley, London. Meskipun nilainya sangat besar, Anda tidak dapat berinvestasi di Real Madrid karena tim tersebut dimiliki oleh lebih dari 90.000 anggota klub. 

Namun, Anda dapat membeli saham Manchester United (MU), yang menurut perhitungan Forbes bernilai US$ 6,55 miliar. Manchester United menempati posisi kedua dalam daftar tahun ini. Pada bulan Februari, Jim Ratcliffe membeli 27,7% saham MU dan membuat nilai perusahaan ini mencapai US$ 6,5 miliar. Kala itu Ratcliffe membayar US$ 33 per saham. 

Di pasar saham, tim tersebut hanya bernilai US$ 17 per saham. Chris Marangi, manajer portofolio Gabelli Funds, melihat saham Manchester United masih terpuruk akibat kemarahan pendukungnya atas keluarga Glazer yang tidak kunjung menjual kendali saham di tim ini. Penampilan Manchester United di Liga Utama Inggris juga mengecewakan, serta absen di Liga Champions tahun depan. 

Posisi ketiga dan keempat diduduki oleh Barcelona dan Liverpool dengan nilai masing-masing sebesar US$ 5,6 miliar dan senilai US$ 5,37 miliar. 

Baca Juga: Stasiun TV Bidik Bisnis Hak Siar Olahraga




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×