kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rebound harga minyak tak bertahan lama


Senin, 12 November 2018 / 19:35 WIB
Rebound harga minyak tak bertahan lama
ILUSTRASI. Minyak mentah


Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dampak sanksi Amerika Serikat terhadap Iran tak separah yang dikhawatirkan pelaku pasar. Namun, antisipasi atas sanksi tersebut sudah terlanjur membuat pasokan minyak mentah dunia meningkat. Penurunan harga minyak pun analis proyeksikan masih akan berlanjut dalam jangka panjang, meski hari ini harga minyak tercatat rebound.

Mengutip Bloomberg, Senin (12/11) harga West Texas Intermediate (WTI) di pasar Nymex untuk pengiriman Desember 2018, tercatat naik 1,01% ke US$ 60,80 per barel. Namun selama sepekan, harga minyak WTI menurun 3,64%.

Analis Global Kapital Investama, Nizar Hilmi mengamati penurunan harga minyak terjadi dalam lima minggu berturut-turut setelah menyentuh level tertingginya sejak tahun lalu di US$ 76 per barel.

Beberapa negara produksi minyak besar yang kompak menggenjot produksi membuat pasokan minyak mentah dunia meningkat dan terus menekan harga minyak. "Arab, Rusia, AS genjot produksi minyak dan jumlahnya menyamai sepertiga produksi minyak dunia," kata Nizar, Senin (12/11).

Aksi genjot produksi minyak marak dilakukan negara penghasil minyak untuk mengantisipasi proyeksi pengurangan pasokan minyak akibat sanksi AS kepada Iran. "Karena dampak sanksi Iran tidak seburuk yang ditakutkan dan AS pun masih mengizinkan beberapa negara impor minyak dari Iran, maka harga minyak melmah," kata Nizar.

Selain itu, menurut Nizar, terkoreksinya harga saham global juga berdampak pada penurunan harga minyak. Selanjutnya, kekhawatiran pelemahan pertumbuhan ekonomi global, termasuk China juga menjadi sentimen negatif bagi harga minyak. Maklum, China merupakan negara terbesar kedua yang melakukan impor minyak. Pertumbuhan ekonomi China di kuartal III yang melambat, yakni di 6,5% terendah sejak 2009 menurut Nizar juga berdampak negatif ke harga minyak.

Meski hari ini harga minyak rebound karena ada sinyal Arab Saudi akan mengurangi suplai minyak di Desember 2018, Nizar memproyeksikan untuk jangka menengah dan panjang harga minyak masih akan terkoreksi.

Rebound harga minyak saat ini Nizar perkirakan tidak akan berlanjut. Secara teknikal, Nizar melihat indikator RSI berada di bawah level 30 sehingga potensi rebound secara teknikal mungkin terjadi, apalagi seiring dengan sinyal pemangkasan produksi minyak dari Arab Saudi.

Namun, untuk jangka menengah dan panjang Nizar mengatakan harga minyak masih akan tertekan karena pasokan global melimpah akibat sanksi AS kepada Iran tidak seburuk seperti apa yang diperkirakan pasar. Apalagi, isu perlambatan ekonomi global akibat perang dagang masih belum usai.

Nizar memproyeksikan harga minyak pada perdagangan Selasa (13/11) berada di rentang US$ 59,30 per barel hingga US$ 62,50 per barel. Sementara, untuk sepekan berada di rentang US$ 59 per barel hingga US$ 64 per barel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×