kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Redam perang dagang, China kembali memborong kedelai AS dalam jumlah besar


Rabu, 19 Desember 2018 / 09:40 WIB

Redam perang dagang, China kembali memborong kedelai AS dalam jumlah besar
ILUSTRASI. Kedelai impor

KONTAN.CO.ID - CHICAGO. Importir China kembali membeli kedelai dari pasar Amerika Serikat (AS) Selasa lalu. Pembelian ini merupakan kali kedua setelah kesepakatan gencatan perang dagang diteken Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping awal Desember lalu.

Mengutip Reuters, belum bisa dipastikan seberapa besar pembelian China kali ini. Pekan lalu, perusahaan pelat merah china memean 1,5 juta ton kedelai AS untuk pengiriman Januari-Maret. Ini merupakan salah satu pembelian terbesar kedelai AS oleh China dalam enam bulan terakhir.

Seorang trader mengatakan, Selasa lalu, beberapa BUMN China memesan 15 kargo atau sekitar 900.000 ton untuk pengiriman Januari-Maret. Pembelian ini bisa bernilai sampai US$ 300 juta. 

Juru Bicara Dewan Ekspor Kacang Kedelai AS membenarkan ada pembelian kembali oleh China. Namun, dia mengaku tak mengetahui jumlah pastinya.

Pembelian ini menjadi salah satu bentuk iktikad baik China untuk membeli produk agrikultur AS, sebagai bagian dari kesepkatan gencatan perang dagang 90 hari.  


Reporter: Sanny Cicilia
Editor: Sanny Cicilia

Video Pilihan


Close [X]
×