kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,57   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Regulator Uni Eropa Dukung Vaksin Covid-19 yang Disesuaikan dengan Varian Omicron


Kamis, 01 September 2022 / 20:43 WIB
Regulator Uni Eropa Dukung Vaksin Covid-19 yang Disesuaikan dengan Varian Omicron
ILUSTRASI. Regulator obat Uni Eropa mendukung dua vaksin booster Covid-19 terpisah yang diperbarui untuk menargetkan varian Omicron. REUTERS/Stephane Mahe


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BERLIN. Regulator obat Uni Eropa mendukung dua vaksin booster Covid-19 terpisah yang diperbarui untuk menargetkan varian Omicron dan dikembangkan oleh Moderna dan tim Pfizer dan BioNTech.

Mengutip Reuters, Kamis (1/9), Eropa sedang bersiap untuk meluncurkan vaksinasi untuk mengantisipasi peningkatan infeksi menjelang musim dingin ini. Suntikan bivalen baru yang disebut memerangi versi BA.1 dari Omicron dan virus asli yang pertama kali terdeteksi di China.

Badan Obat Eropa (EMA) mengatakan, rekomendasinya adalah untuk mengesahkan vaksin untuk orang berusia 12 tahun ke atas yang telah menerima setidaknya vaksinasi primer Covid-19.

Lampu hijau terakhir akan tunduk pada persetujuan Komisi Eropa, yang diharapkan akan segera hadir.

Baca Juga: Cadangan Gas Eropa Jelang Musim Dingin Kian Terancam, Ini Sebabnya

Inggris pada bulan Agustus menjadi negara pertama yang menghapus suntikan bivalen Moderna. Swiss dan Australia dengan cepat mengikutinya.

Rekomendasi EMA terbaru datang ketika booster Pfizer dilengkapi kembali untuk menargetkan varian BA.4/BA.5 yang dominan saat ini bersama dengan strain virus corona asli telah diajukan untuk ditinjau UE, sementara pengajuan Moderna sudah dekat.

Komisaris Eropa untuk Kesehatan dan Keamanan Pangan Stella Kyriakides mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis, EMA diharapkan juga menawarkan pendapatnya tentang vaksin yang diadaptasi BA.4/5 dalam beberapa minggu mendatang.

Varian Lama

Pejabat Uni Eropa mengisyaratkan dalam beberapa bulan terakhir bahwa mereka terbuka untuk awalnya menggunakan vaksin yang menargetkan varian BA.1 yang lebih lama, mengingat mereka yang secara khusus menargetkan cabang Omicron yang lebih baru BA.4/5 jauh tertinggal dalam pengembangan.

Sebaliknya, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) bersikeras hanya tertarik pada vaksin yang menargetkan BA.4 dan BA.5. Pada hari Rabu, Pfizer-BioNTech dan Moderna mendapatkan persetujuan AS untuk pemotretan tersebut.

Baca Juga: Badan Obat Eropa Meninjau Vaksin Covid Adaptasi Bivalen yang Membidik 2 Jenis Virus

Mengingat BA.1 muncul lebih dulu, data dari uji coba manusia yang menguji vaksin yang diadaptasi dari set pengembang telah diserahkan ke regulator UE. Untuk vaksin yang diadaptasi BA.4/5, pengajuan ke regulator AS didasarkan pada data laboratorium dan hewan.

Menggunakan data hewan dan laboratorium untuk meminta persetujuan peraturan untuk vaksin yang dilengkapi kembali bukan tanpa preseden - hal ini dilakukan secara teratur untuk vaksin flu yang diperbarui setiap tahun untuk memerangi varian baru.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×