kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekor belanja pemain Liga Premier Inggris


Senin, 04 September 2017 / 10:51 WIB
Rekor belanja pemain Liga Premier Inggris


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - Jendela transfer pemain sepakbola Eropa sudah ditutup, akhir Agustus 2017. Ketimbang liga-liga lain di Eropa, klub Liga Premier Inggris paling royal berbelanja pemain pada transfer windows musim kompetisi 2017-2018.

Deloitte's Sports Business Group mencatat, sampai penutupan jendela transfer, klub Liga Premier Inggris membelanjakan dana £1,4 miliar. Rekor nilai belanja pemain liga sepakbola Inggris itu meningkat 23% ketimbang musim sebelumnya.

Belanja Liga Premier Inggris itu jauh lebih tinggi ketimbang liga top Eropa lain. Ambil contoh belanja pemain di Liga Serie A Italia yang hanya £735 juta dan Ligue 1 Prancis senilai £590 juta. Menyusul Bundesliga Jerman sebesar £510 juta, dan La Liga Spanyol senilai £500 juta.

Kendati royal berbelanja pemain, klub Liga Premier Inggris tak sampai harus mencari pinjaman bank. Pendapatan yang mereka peroleh dari hak siar dalam maupun luar negeri, bisnis komersial dan tiket matchday masih bisa menutupi bujet belanja tersebut. "Klub Liga Premier menghabiskan belanja dengan baik sesuai kemampuan mereka," kata Dan Jones, partner di Deloitte's Sports Business Group seperti dilansir Reuters, Jumat (1/9).

Sebagai gambaran, kesepakatan hak siar yang telah ditandatangani klub-klub Inggris untuk penyiaran domestik Premier League saat ini mencapai £5,13 miliar.

Hitungan Deloitte, dalam 15 tahun terakhir, rata-rata rasio belanja untuk transfer pemain di Liga Inggris sekitar seperempat dari total pendapatan. Dari perkiraan pendapatan 20 klub Liga Premier Inggris musim ini, nilai transfer pemain musim kompetisi 2017-2018 rata-rata setara 31% dari total pendapatan per klub.

Rasio itu lebih kecil dari musim kompetisi 2008-2009 yang sebesar 34%. Adapun rasio belanja pemain terhadap total pendapatan di musim 2008-2009 merupakan yang tertinggi sampai saat ini.

Neymar termahal

Manchester City adalah klub Liga Inggris dengan belanja pemain paling boros. Klub milik miliarder Sheikh Mansour bin Zayed al-Nahyan ini merogoh kocek £215 juta untuk merekrut sejumlah pemain baru seperti, Benjamin Mendy, Kyle Walker dan Bernardo Silva. Pengeluaran klub berjuluk The Citizen itu makin besar andai kesepakatan memboyong Alexis Sanchez dari Arsenal senilai £60 juta tak dibatalkan The Gunners.

Sementara, Arsenal dan Tottenham Hotspur adalah dua dari lima klub Liga Premier Inggris yang mampu menghasilkan keuntungan transfer bersih, yang berarti penjualan sejumlah pemain lebih tinggi ketimbang harga pemain yang mereka beli.

Nilai transfer Romelu Lukaku dari Everton ke Manchester United senilai £90 juta, merupakan kesepakatan terbesar diantara klub Inggris. Tapi, rekor nilai transfer pemain tertinggi sejagat dipegang Neymar, yang didatangkan Paris St Germain dari Barcelona seharga  €222 juta.


 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×