kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rekor, California laporkan 11.800 kasus virus corona baru dalam sehari


Selasa, 21 Juli 2020 / 09:38 WIB
Rekor, California laporkan 11.800 kasus virus corona baru dalam sehari
ILUSTRASI. California catatkan rekor baru untuk penambahan virus corona dalam sehari


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. California melaporkan peningkatan kasus harian virus corona lebih dari 11.800 kasus pada Senin (20/7). Berdasarkan data dari pemerintah negara bagian tersebut, ini menjadi rekor baru sejak kasus virus corona ditemukan. 

Lonjakan kasus di California terjadi setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendorong sekolah untuk dibuka guna membantu bisnis kembali normal. 

Jika California adalah sebuah negara, dengan data terbaru ini, negara bagian AS itu akan berada di peringkat kelima dunia dengan total kasus terbanyak di dunia. Total kasus virus corona di California sudah mendekati 400.000 dan hanya kalah dari AS, Brasil, India serta Rusia.

Baca Juga: 6 Bulan ditutup karena pandemi, bioskop di China akhirnya dibuka kembali

Selain itu, ini bukan kali pertama California mencetak lonjakan kasus di atas 10.000. Pada 14 Juli lalu, California telah melaporkan tambahan 10.861 infeksi virus corona dalam satu hari.

Setali tiga uang dengan California, Florida juga sudah melaporkan lebih dari 10.000 kasus baru setiap hari selama enam hari terakhir. Hal yang sama pun terjadi pada negara bagian Texas, yang telah melaporkan lebih dari 10.000 kasus selama lima dari tujuh hari terakhir.

Kenaikan kasus positif virus corona harian di California telah melampaui penghitungan harian tertinggi yang dilaporkan oleh negara Eropa mana pun selama puncak pandemi di sana.

Wabah terbesar di negara bagian itu adalah di Los Angeles County, yang memiliki hampir 160.000 total kasus pada hari Senin. Rumah sakit dipenuhi dengan pasien Covid-19 dan Los Angeles melaporkan jumlah pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit untuk hari kedua berturut-turut pada hari Senin.

Untuk memerangi pandemi, Gubernur California yang berasal dari Partai Demokrat Gavin Newsom memilih untuk melakukan penutupan kembali. 

Selain menutup bar, dia juga meminta restoran, bioskop, kebun binatang, dan museum untuk menghentikan operasi di dalam ruangan. Gym, gereja, dan salon rambut harus ditutup di 30 kota yang paling terpukul.

Baca Juga: Vaksin corona Oxford siap produksi 1 juta dosis pada September, tapi bisa lebih

Penjara negara telah melepaskan hingga 8.000 narapidana lebih awal untuk mengurangi risiko penularan virus setelah wabah besar di beberapa fasilitas pemasyarakatan.

California adalah rumah bagi kedua perusahaan teknologi di Silicon Valley, studio film Hollywood dan Walt Disney Co Disneyland Resort di Anaheim.

Perusahaan hiburan tersebut telah menangguhkan rencana untuk membuka kembali taman hiburan di California tanpa batas waktu. Tetapi perusahaan memilih membuka kembali Disney World di Florida pada 11 Juli lalu




TERBARU

[X]
×