kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Respons Peluncuran Rudal Korut, Jepang Tak Menutup Peluang Serangan Balik


Selasa, 04 Oktober 2022 / 11:08 WIB
Respons Peluncuran Rudal Korut, Jepang Tak Menutup Peluang Serangan Balik
ILUSTRASI. Laporan berita tentang Korea Utara yang menembakkan rudal balistik ke arah laut di lepas pantai timurnya, di Seoul, Korea Selatan, 25 September 2022.


Sumber: Kyodo,Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Jepang secara terbuka menyatakan tidak akan mengesampingkan semua opsi yang ada dalam merespons peluncuran rudal Korea Utara, termasuk melakukan serangan balik.

Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada pada hari Selasa (4/10), mengatakan bahwa negara juga akan memperkuat pertahanannya.

"Mengingat situasi ini, kami akan terus memeriksa semua opsi, termasuk apa yang disebut kemampuan serangan balik. Kami terus bekerja untuk secara fundamental memperkuat kemampuan pertahanan kami," katanya, seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Korea Utara Kembali Luncurkan Rudal Balistik, Sudah Empat Kali dalam Sepekan

Korea Utara pada hari Selasa menembakkan rudal balistiknya ke wilayah timur laut Jepang. Ini merupakan yang pertama kali terjadi dalam lima tahun terakhir.

Ini adalah ketujuh kalinya Korea Utara meluncurkan rudal di atas Jepang. 

Rudal itu terbang sejauh 4.600 km dan mencapai ketinggian 1.000 km. Itu merupakan jarak terjauh yang pernah dicapai rudal balistik dengan jangkauan kelas menengah milik Korea Utara.

Hamada mengatakan rudal itu terbang di atas Jepang selama sekitar satu menit dan mendarat di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE), sekitar 3.200 km di timur Jepang.

Baca Juga: Korea Utara Uji Coba Rudal di Atas Wilayah Jepang, Penduduk Diperingkatkan Berlindung

Kementerian Pertahanan Jepang untuk sementara menduga bahwa rudal yang diluncurkan adalah rudal balistik jarak menengah Hwasong-12. Rudal ini telah diluncurkan sebanyak empat kali sebelum ini.

Dilansir dari Kyodo, kehadiran rudal menyebabkan gangguan di bandara. All Nippon Airways dan Japan Airlines melaporkan bahwa staf yang bekerja di landasan di beberapa bandara di Hokkaido dan Tohoku untuk sementara dievakuasi di dalam ruangan.

Keberangkatan pesawat yang berangkat dari bandara Aomori menuju bandara Narita, dekat Tokyo, juga ditunda. Di saat yang sama, layanan kereta Shinkansen di Tohoku dan Hokkaido dihentikan untuk sementara waktu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×