kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ronaldo, atlet berpenghasilan tertinggi dunia


Jumat, 10 Juni 2016 / 11:05 WIB
Ronaldo, atlet berpenghasilan tertinggi dunia


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Sanny Cicilia

MADRID. Cristiano Ronaldo kini menjadi atlet dengan penghasilan tertinggi di dunia. Data yang dirangkum Forbes, Rabu (8/6) mencatat, bintang sepakbola asal Portugal itu mampu mencetak pendapatan senilai US$ 88 juta atau setara Rp 1,16 triliun, dalam kurun waktu setahun terakhir.

Total pendapatan Ronaldo tersebut terdiri dari gaji senilai US$ 56 juta per tahun, ditambah sponsor iklan sebesar US$ 32 juta. Pemain yang baru saja membawa klubnya, Real Madrid, menjuarai Liga Champions akhir Mei lalu itu cukup laris menjadi bintang iklan.

Nike, produsen peralatan olahraga kenamaan, merupakan salah satu sponsor bintang berjuluk CR7 itu. Ronaldo juga menjadi bintang iklan Tag Heuer, Herbalife, Clear, Pokerstar dan masih banyak yang lainnya.

Pencapaian Ronaldo ini sekaligus menggusur dominasi petinju profesional Floyd Mayweather yang pensiun Oktober tahun 2015. Mayweather pensiun setelah pertarungan terbesarnya melawan petinju asal Filipina, Manny Pacquiao, dan mendapat bayaran di atas US$ 200 juta.

Sejak tahun 2001, nama Mayweather atau pun pegolf Tiger Woods selalu menduduki posisi jawara, atlet dengan penghasilan tertinggi. Nama Woods sendiri sempat membuat berita sensasional dengan isu perselingkuhannya.

Dari sebuah turnamen, Woods bisa mendapatkan hadiah senilai US$ 300.000. Namun pendapatan iklan senilai US$ 45 juta, yang mendongkrak Woods sebagai atlet berpenghasilan tertinggi ke-12 di dunia saat ini.

Berada di posisi kedua dan ketiga setelah Ronaldo adalah pesepakbola asal Argentina, Lionel Messi dengan pendapatan sebesar US$ 81,4 juta dan LeBron James, pebasket berpenghasilan US$ 77,2 juta.

Atlet berpenghasilan tertinggi di dunia dari urutan ke-4 hingga ke-10 berturut-turut adalah petenis Roger Federer, pebasket Kevin Durant, pemain American Football Cam Newton, pegolf Phil Mickelson Jordan Spieth, dan pebasket Kobe Bryant.

Federer yang menduduki posisi keempat memperoleh pendapatan total senilai US$ 60 juta dalam setahun terakhir. Dia juga merupakan salah satu atlet yang paling banyak digaet pengiklan, seperti Nike, Rolex, Mercedes-Benz dan Credit Suisse.

Ronaldo dan MessiĀ  merupakan wakil pesepakbola di daftar 20 besar atlet berpenghasilan tertinggi dunia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×