Rupanya, Ini yang Menyebabkan WhatsApp Error atau Down

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:33 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Rupanya, Ini yang Menyebabkan WhatsApp Error atau Down

ILUSTRASI. WhatsApp telah memulihkan layanannya setelah pengguna di seluruh dunia melaporkan masalah pada Selasa (25/10/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja


KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Aplikasi perpesanan WhatsApp telah memulihkan layanannya setelah pengguna di seluruh dunia melaporkan masalah pada Selasa (25/10/2022).

Apa penyebab dari erornya layanan WhatsApp?

Melansir Reuters, juru bicara Meta untuk WhatsApp angkat bicara terkait terjadinya eror pada WhatsApp. 

"Kami tahu orang-orang kesulitan mengirim pesan di WhatsApp hari ini. Kami telah memperbaiki masalah ini dan meminta maaf atas ketidaknyamanan ini," kata juru bicara perusahaan induk WhatsApp Meta Platforms.

Selain meminta maaf atas gangguan tersebut, pihak Meta juga menyebutkan penyebab gangguan pada WhatsApp kemarin. 

Menurut Meta, hal itu terjadi akibat kesalahan teknis atau technical error. 

"Pemadaman singkat ini akibat dari kesalahan teknis di pihak kami dan sekarang telah diperbaiki," kata Meta. 

Sayangnya, perusahaan tidak mengungkapkan alasan pemadaman.

Pengguna di Asia, Inggris, Afrika Selatan, dan Eropa terpengaruh akibat kejadian ini.

Baca Juga: WhatsApp Tumbang, APJII Menyarankan Masyarakat Jangan Tergantung Satu Aplikasi

Situs web Downdetector melihat lonjakan laporan tepat sebelum pukul 3 sore waktu Singapura, dengan banyak pengguna berkomentar bahwa mereka tidak dapat mengirim dan menerima pesan.

Sekitar pukul 15.50, Downdetector menunjukkan bahwa lebih dari 68.000 pengguna telah melaporkan masalah dengan aplikasi WhatsApp di Inggris. Masalah juga dilaporkan oleh 19.000 orang di Singapura dan 15.000 orang di Afrika Selatan, katanya.

Pada pukul 17.00, WhatsApp kembali berfungsi normal, dengan laporan yang berkurang di Downdetector. Informasi saja, Downdetector melacak pemadaman dengan menyusun laporan status dari sumber seperti kesalahan yang dikirimkan pengguna pada platformnya.

Baca Juga: WhasApp Business: Link Download Resmi di HP Android dan iOS, Lengkap Cara Menggunakan

Melansir Kompas.com, sebelumnya pada 2021 silam, WhatsApp bersama Instagram dan Facebook juga sempat mengalami eror pada Senin (4/10/2021). Akses ke aplikasi-aplikasi yang bernaung di bawah Facebook itu akhirnya pulih pada Selasa (5/10/2021) pagi.

Penyebab gangguan pada WhatsApp, Instagram, dan Facebook tidak sepenuhnya jelas. Namun, beberapa pakar keamanan digital menduga bahwa error itu disebabkan masalah pada Domain Name System (DNS). 

Divisi analisis internet Cisco, ThousandEyes, melalui akun Twitter mereka menyebutkan bahwa error yang dialami sejumlah aplikasi yang bernaung di bawah Facebook disebabkan adanya kegagalan DNS yang sedang terjadi.

WhatsApp telah menjadi sarana komunikasi penting untuk rumah tangga dan bisnis. Ketika aplikasi mengalami pemadaman selama berjam-jam pada Oktober tahun lalu, kondisi itu memukul perdagangan aset dari cryptocurrency hingga minyak, sebelum pedagang beralih ke platform alternatif seperti Telegram.

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru