kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Mengambil Kendali Penuh Atas Pabrik Kokas Aviivka Ukraina yang Ditaklukan


Senin, 19 Februari 2024 / 17:21 WIB
Rusia Mengambil Kendali Penuh Atas Pabrik Kokas Aviivka Ukraina yang Ditaklukan
ILUSTRASI. Anggota layanan Ukraina menembakkan peluru dari M777 Howitzer di garis depan, saat serangan Rusia terhadap Ukraina berlanjut, di Wilayah Donetsk, Ukraina 23 November 2022. Radio Free Europe/Radio Liberty/Serhii Nuzhnenko via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Pasukan Rusia pada hari Senin mengklaim kontrol penuh atas pabrik kokas era Soviet yang luas di kota Ukraina yang hancur, Avdiivka, memperkuat kemenangan medan perang terbesar dalam sembilan bulan setelah salah satu pertempuran paling intens dalam perang.

Jatuhnya Avdiivka adalah keuntungan terbesar Rusia sejak merebut kota Bakhmut pada Mei 2023, dan hampir dua tahun sejak Presiden Vladimir Putin memulai perang penuh dengan memerintahkan invasi ke Ukraina.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya telah maju sekitar 9 km di bagian itu dari garis depan sepanjang 1.000 km, dan bahwa pasukan Rusia terus maju setelah pertempuran perkotaan yang mematikan. 

Baca Juga: Rusia Berhasil Taklukan Aviivka di Ukraina, Putin Sebut Kemenangan Penting

Ukraina mengatakan telah menarik pasukannya untuk menyelamatkan prajurit dari sepenuhnya dikelilingi setelah berbulan-bulan pertempuran sengit. Putin menyambut jatuhnya Avdiivka sebagai kemenangan penting dan mengucapkan selamat kepada pasukan Rusia.

"Pengelompokan pasukan 'Centre', dalam serangan, mengambil kendali penuh atas pabrik kokas di Avdiivka," kata kementerian pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan bersama video yang menunjukkan serangkaian ledakan di apa yang tampaknya menjadi pabrik.

"Bendera Rusia dikibarkan di bangunan administrasi pabrik," kata kementerian tersebut.

Televisi negara Rusia menunjukkan bendera Ukraina biru-dan-kuning diambil turun di Avdiivka dan bendera tiga warna Rusia, putih, biru, dan merah dikibarkan, termasuk di atas pabrik kokas.

Baca Juga: Rusia Diduga Gunakan Rudal Hipersonik Zircon untuk Serang Ukraina

Setelah kegagalan Ukraina untuk menembus garis Rusia tahun lalu, Moskow telah mencoba menggerus pasukan Ukraina sebagaimana Kiev mempertimbangkan mobilisasi besar-besaran baru dan Presiden Volodymyr Zelenskiy menunjuk seorang komandan baru untuk menjalankan perang.




TERBARU

[X]
×